6 Aktivitas Fisik untuk Ibu Hamil, Nomor 3 Melatih Peregangan Otot Sendi

Selasa, 08 November 2022 - 07:29 WIB
loading...
6 Aktivitas Fisik untuk Ibu Hamil, Nomor 3 Melatih Peregangan Otot Sendi
Aktivitas fisik untuk ibu hamil sangat penting dilakukan, karena dapat mempertahankan kondisi kesehatan, baik bagi ibu maupun sang bayi. Foto/Babycenter
A A A
JAKARTA - Aktivitas fisik untuk ibu hamil sangat penting dilakukan, karena dapat mempertahankan kondisi kesehatan, baik bagi ibu maupun sang bayi.

Dikutip dari Eatright (8/11/2022), menurut Pedoman Aktivitas Fisik 2018 untuk orang Amerika, wanita sehat dengan kehamilan tanpa komplikasi harus mendapatkan setidaknya 2 jam dan 30 menit (150 menit) aktivitas aerobik intensitas sedang, tersebar sepanjang minggu. Aktivitas fisik semacam ini bisa dilakukan oleh ibu hamil selama tidak mengganggu ibu maupun bayi.

Lantas aktivitas fisik apa saja yang tepat untuk ibu hamil? Berikut ini ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berjalan

Berjalan cepat adalah aktivitas fisik yang bagus dan tidak membuat sendi dan otot Anda tegang. Berjalan merupakan salah satu aktivitas yang bagus, terutama bagi Anda yang tidak pernah atau tak biasa melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga: Aktivitas Fisik Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berjalan selama kehamilan, juga dapat mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan dan persalinan.Studi menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes gestasional atau menjalani operasi caesar yang tidak direncanakan. Membantu Anda membakar kalori sehingga Anda menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

2. Berenang dan senam air

Air mendukung berat bayi Anda yang sedang tumbuh, dan bergerak melawannya membantu menjaga detak jantung Anda tetap tinggi. Ini juga mudah pada persendian dan otot Anda. Jika Anda mengalami nyeri pinggang saat melakukan aktivitas lain, cobalah berenang.

Berenang dapat meredakan mual, yang mungkin diperburuk oleh bentuk olahraga lainnya. Dengan berenang dapat membuat Anda tetap sejuk saat berolahraga dan mencegah kepanasan, serta meningkatkan sirkulasi darah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1902 seconds (11.210#12.26)