3 Dampak Buruk Kurang Olahraga Bagi Kesehatan Tulang, Nomor Terakhir Wajib Diketahui

Selasa, 08 November 2022 - 11:20 WIB
loading...
3 Dampak Buruk Kurang Olahraga Bagi Kesehatan Tulang, Nomor Terakhir Wajib Diketahui
Kurang olahraga atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak, memiliki banyak kerugian. Salah satu dampak negatifnya yakni pada kesehatan tulang. Foto/Ilustrasi/Dok.Unair
A A A
JAKARTA - Kurang olahraga atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak, memiliki banyak kerugian. Salah satu dampak negatifnya yakni pada kesehatan tulang.

Seperti yang dikutip dari laman ndtv, berikut ini adalah berbagai dampak buruk dari menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak:

1. Kegemukan

Metabolisme akan menurun saat Anda kekurangan gerakan fisik. Saat Anda kurang bergerak maka akan berpengaruhi hingga membuat tubuh Anda lebih sulit untuk memecah gula dan lemak.

Akibatnya, berat badan Anda akan lebih rentan bertambah. Kelebihan berat badan tersebut, semakin memberi tekanan pada tulang, dan tekanan tersebut bisa mempercepat kerusakan tulang.

Baca Juga: Sambut Hari Olahraga Nasional, Ayo Coba Olahraga Sambil Rebahan Ini!

2. Kehilangan Otot

Ketika Anda tidak menggunakan otot secara maksimal, Anda berisiko kehilangan kekuatan dan daya tahan otot. Karena, otot mendukung serta memengaruhi kesehatan tulang Anda. Kurangnya olahraga tentu akan mengurangi tingkat otot.

3. Kerusakan Tulang

Kurangnya olahraga secara langsung bisa mempengaruhi kesehatan tulang kita. Karena, tulang Anda bisa menjadi kurang kuat dan mengandung lebih sedikit mineral. Selain itu, kurang olahraga juga bisa mempercepat kerusakan tulang dan membuatnya lebih rentan terhadap osteoporosis dan berbagai penyakit tulang lainnya.

Selain berdampak pada tulang, kurang olahraga juga memiliki dampak buruk, terhadap sistem kekebalan tubuh, aliran darah, peradangan pada tubuh, ketidakseimbangan hormon, penyakit kardiovaskular (stroke, diabetes, hipertensi dan sebagainya), gangguan suasana hati, kolesterol tinggi, hingga jenis kanker tertentu.

Anda bisa menghilangkan risiko tersebut dengan menanamkan gaya hidup yang lebih sehat, seperti meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2056 seconds (11.252#12.26)