Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikologis Anak sejak Dini

Selasa, 08 November 2022 - 14:01 WIB
loading...
Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikologis Anak sejak Dini
Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat mencapai kesehatan yang sejati. Bukan hanya secara fisik, tetapi juga kesehatan psikologis. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat mencapai kesehatan yang sejati. Bukan hanya secara fisik, tetapi juga kesehatan psikologis.

Hal tersebut seperti disampaikan Direktur Utama RS Rapha Theresia, dr. Marcia Marimba dalam seminar bertema Healthy Childhood, Happy Adult, belum lama ini di Jambi, yang juga ditayangkan melalui kanal YouTube Rapha Healthcare.

"Keseimbangan antara kesehatan fisik dan psikologis sangat penting untuk memastikan anak dapat bertumbuh menjadi remaja dan dewasa yang tangguh dan berkarakter di masa depan. Apalagi di era internet, teknologi dan hiperkompetisi seperti sekarang," paparnya.

Baca juga: Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut di Jakarta Tidak Ada Tambahan Lagi

Dalam seminar Rapha Health Talk ini, dokter spesialis anak dr. Dian Wahyuni dan Psikolog dan Dosen Universitas Indonesia, Edward Andriyanto, M.Psi membahas tentang autisme.

"Setiap anak Autis memiliki kondisi dan gejala yang sangat berbeda-beda, oleh karena itu penting bagi orang tua untuk bersabar dalam memperhatikan dan mempelajari cara untuk berinteraksi dengan anaknya" ungkap dr. Dian.

Edward kemudian menambahkan jika autisme kini bukan hal yang tabu untuk dibicarakan, sebaliknya penting sekali untuk menyadari kondisi ini pada Anak sedini mungkin.

"Sebab intervensi melalui berbagai terapi yang disesuaikan dengan kondisi spektrum yang diderita masing-masing anak, umumnya dapat lebih efektif dan berdampak. Dukungan ahli seperti dokter spesialis anak, dokter spesialis gizi, psikolog serta komunitas orang tua dengan anak yang mengalami Autisme juga sangat penting untuk saling berbagi informasi," beber Edward.

Pada acara yang sama, spesialis obgyn, dr. Caesar Nurfiansyah bersama psikolog spesialis penanganan trauma, Rahajeng Ikawahyu, M.Psi memaparkan topik seputar menjaga kehamilan secara holistik serta cara mencegah trauma psikologis pada janin.

"Tentunya kita semua ingin anak-anak kita bertumbuh menjadi orang-orang yang luar biasa dan berguna bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu penting untuk maksimalkan asupan nutrisi serta menjaga kondisi psikologis ibu dan anak dalam periode emas 1.000 hari pertama dalam kehidupannya, yaitu mulai dari ketika Anak masih di dalam kandungan hingga usianya sekitar 2 tahun," jelas dr. Caesar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1636 seconds (10.101#12.26)