Cara Membersihkan Kulit Wajah dan Cegah Pori-Pori Tersumbat

Rabu, 09 November 2022 - 11:30 WIB
loading...
Cara Membersihkan Kulit Wajah dan Cegah Pori-Pori Tersumbat
Pori-pori yang tersumbat ini bisa menyebabkan jerawat di kemudian hari. Sehingga penting untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat tersebut. Foto Ilustrasi/Thinkstockphotos
A A A
JAKARTA - Pori-pori adalah lubang kecil pada kulit yang memungkinkan minyak mencapai permukaan kulit. Terkadang pori-pori, khususnya pada wajah, tersumbat oleh minyak dan sel-sel mati yang ditumpahkan kulit setiap hari.

Pori-pori yang tersumbat ini bisa menyebabkan jerawat di kemudian hari. Sehingga penting untuk melakukan perawatan kulit demi membersihkan pori-pori yang tersumbat tersebut.

Artikel ini akan mengupas cara membersihkan dan mencegah pori-pori wajah tersumbat serta apa penyebabnya.



Mengapa Pori-Pori Tersumbat?

Melansir Medical News Today, Rabu (9/11/2022), dijelaskan bahwa kelenjar pada wajah menghasilkan zat yang disebut sebum. Sebum merupakan minyak alami yang melapisi kulit untuk mengunci kelembaban.

Fungsi pori-pori adalah untuk membawa minyak ke permukaan kulit, di mana ia dapat melindungi serta melembabkan kulit. Namun terkadang sebum, sel kulit mati, dan zat lain terperangkap di dalam pori-pori. Pori-pori yang tersumbat mungkin terlihat lebih besar dari biasanya atau terasa bergelombang. Terkadang, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat, terutama jika meradang.

Penyebab Lain Pori-Pori Tersumbat

Sel kulit mati dan sebum biasanya menyebabkan pori-pori tersumbat. Tetapi, faktor lain pun dapat membuat pori-pori seseorang tersumbat, seperti:

- Produk komedogenik: dermatologis menyebut zat yang berpotensi menyumbat pori-pori sebagai komedogenik. Beberapa produk kulit seperti riasan, tabir surya, dan lotion dapat bersifat komedogenik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)