Cara Membersihkan Kulit Wajah dan Cegah Pori-Pori Tersumbat

Rabu, 09 November 2022 - 11:30 WIB
loading...
Cara Membersihkan Kulit Wajah dan Cegah Pori-Pori Tersumbat
Pori-pori yang tersumbat ini bisa menyebabkan jerawat di kemudian hari. Sehingga penting untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat tersebut. Foto Ilustrasi/Thinkstockphotos
A A A
JAKARTA - Pori-pori adalah lubang kecil pada kulit yang memungkinkan minyak mencapai permukaan kulit. Terkadang pori-pori, khususnya pada wajah, tersumbat oleh minyak dan sel-sel mati yang ditumpahkan kulit setiap hari.

Pori-pori yang tersumbat ini bisa menyebabkan jerawat di kemudian hari. Sehingga penting untuk melakukan perawatan kulit demi membersihkan pori-pori yang tersumbat tersebut.

Artikel ini akan mengupas cara membersihkan dan mencegah pori-pori wajah tersumbat serta apa penyebabnya.



Mengapa Pori-Pori Tersumbat?

Melansir Medical News Today, Rabu (9/11/2022), dijelaskan bahwa kelenjar pada wajah menghasilkan zat yang disebut sebum. Sebum merupakan minyak alami yang melapisi kulit untuk mengunci kelembaban.

Fungsi pori-pori adalah untuk membawa minyak ke permukaan kulit, di mana ia dapat melindungi serta melembabkan kulit. Namun terkadang sebum, sel kulit mati, dan zat lain terperangkap di dalam pori-pori. Pori-pori yang tersumbat mungkin terlihat lebih besar dari biasanya atau terasa bergelombang. Terkadang, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat, terutama jika meradang.

Penyebab Lain Pori-Pori Tersumbat

Sel kulit mati dan sebum biasanya menyebabkan pori-pori tersumbat. Tetapi, faktor lain pun dapat membuat pori-pori seseorang tersumbat, seperti:

- Produk komedogenik: dermatologis menyebut zat yang berpotensi menyumbat pori-pori sebagai komedogenik. Beberapa produk kulit seperti riasan, tabir surya, dan lotion dapat bersifat komedogenik.

- Elastisitas kulit: penurunan elastisitas kulit membuat pori-pori lebih besar dan lebih terlihat. Pori-pori yang lebih besar bisa menjadi mudah tersumbat.

- Produksi sebum: beberapa orang menghasilkan lebih banyak sebum daripada yang lain. Beberapa faktor yang memengaruhi produksi minyak kulit termasuk hormon, genetika, dan usia.

Siapa pun dapat berpotensi memiliki pori-pori tersumbat dan jerawat. Jerawat paling umum muncul antara usia 12 dan 24 tahun, tetapi beberapa orang berusia 30 dan 40-an juga memiliki jerawat.

Baca Juga: Bersihkan Wajah di Pagi Hari Bantu Hilangkan Residu Sel Kulit Mati dan Bakteri yang Nempel Semalaman
Cara Bersihkan Pori-Pori Tersumbat

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

1. Gunakan Produk Non-comedogenic

Non-comedogenic artinya suatu produk tidak akan menyumbat pori-pori. Anda dapat mencari produk riasan, perawatan kulit, dan pelindung matahari yang menurut labelnya non-komedogenik atau bebas minyak.

2. Hindari Garuk Bagian Komedo

Beberapa orang merasa tergoda untuk menggaruk, mengorek, atau menggosok pori-pori dan jerawat yang tersumbat. Namun, hal tersebut bisa memperburuk kondisi kulit dengan menyebabkan kerusakan pada kulit.

3. Bersihkan secara Lembut

Gunakan pembersih lembut dengan pH seimbang sebanyak dua kali sehari dengan air hangat (tetapi tidak panas). Ini merupakan cara yang tak menyebabkan iritasi untuk menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel mati dari kulit.

Ini adalah ide yang baik untuk mencuci wajah dengan lembut, karena menggosok terlalu kuat dapat menyebabkan kemerahan dan menarik perhatian ke pori-pori yang tersumbat.

4. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi melibatkan pengangkatan sel-sel mati dari permukaan kulit. Melakukan hal ini dapat membantu mengurangi tekstur pori-pori yang tersumbat dan dalam beberapa kasus membuka blokirnya.

Cara Cegah Pori-Pori Tersumbat

Meskipun jenis kulit orang berbeda-beda, ada baiknya untuk melakukan pencegahan agar pori-pori kulit wajah tak tersumbat, antara lain:

- Menjaga kulit tetap bersih dan lembab.

- Menggunakan produk non-comedogenic.

- Menghapus semua riasan sebelum tidur.

- Hindari menyentuh wajah.

- Pengelupasan area kulit yang rentan.

- Menggunakan tabir surya bebas minyak.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3391 seconds (0.1#10.140)