5 Tips Mengatasi Homesick yang Dialami Anak Rantau, Dijamin Ampuh

Kamis, 10 November 2022 - 17:21 WIB
loading...
5 Tips Mengatasi Homesick yang Dialami Anak Rantau, Dijamin Ampuh
Tips mengatasi homesick wajib diketahui oleh Anda yang sedang atau sebentar lagi akan merantau, jauh dari keluarga di rumah. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Tips mengatasi homesick wajib diketahui oleh Anda yang sedang atau sebentar lagi akan merantau, jauh dari keluarga di rumah.

Ya, homesick dapat terjadi ketika seseorang terpisah dari rumah atau orang yang mereka cintai. Orang mungkin mengalaminya setelah pindah sementara atau permanen, seperti pindah ke daerah baru atau merantau untuk melanjutkan pendidikan.

Sebagian besar anak-anak, remaja, dan orang dewasa mengalami kerinduan akan rumah di beberapa titik dalam hidup mereka dengan tingkat yang berbeda-beda. Contohnya bisa diambil dari sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang dengan tipe kepribadian neurotik lebih mungkin mengalami rindu rumah dibandingkan mereka yang memiliki tipe kepribadian lain.



Rindu rumah secara teknis bukanlah gangguan mental. Sebab, kerinduan ringan yang berangsur-angsur berkurang seiring waktu adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Rasa rindu rumah muncul secara berbeda dari orang ke orang. Beberapa mungkin mengalami kesedihan ringan yang hilang lebih cepat, sementara yang lain mungkin mengalami kecemasan atau depresi yang lebih signifikan.

Rindu rumah dapat memengaruhi berbagai bidang kehidupan seseorang, seperti hubungan dan kemampuan mereka untuk berfungsi di tempat kerja. Individu yang rindu rumah dapat mengisolasi diri dan mungkin beralih ke mekanisme koping yang tidak sehat seperti alkohol, obat-obatan, atau perjudian.

Berikut lima tips untuk mengatasi homesick bagi para anak rantau.

1. Eksplorasi Hal Baru

Melangkah keluar dari zona nyaman Anda adalah langkah besar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Hal ini bisa terasa menakutkan dan berlebihan, tetapi diperlukan untuk membantu Anda bergerak maju.

Pertimbangkan untuk mencari tempat, aktivitas, atau grup yang menarik minat Anda. Lakukan sesuatu yang Anda suka lakukan di rumah Anda sebelumnya. Berusaha membiasakan diri dengan area baru dapat membantu Anda agar lebih nyaman di tempat yang saat ini ditinggali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)