Sandiaga Uno Apresiasi Balpil, Animasi Superhero Asli Indonesia

Jum'at, 11 November 2022 - 13:57 WIB
loading...
Sandiaga Uno Apresiasi Balpil, Animasi Superhero Asli Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi Balpil. Pasalnya tak hanya menghibur, Balpil merupakan animasi superhero asli Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Balpil. Pasalnya tak hanya menghibur, Balpil merupakan animasi superhero asli Indonesia.

Balpil menghadirkan superhero lokal yang terinspirasi dari fauna Indonesia. Dalam ceritanya, animasi ini memberikan pesan bahwa kekuatan fisik, intelektual, sosial dan spiritual penting untuk menghadapi persaingan global.

Balpil adalah salah satu proyek IP (Intellectual Property) yang telah dimulai dari 2011. Animasi ini bercerita tentang robot masa depan yang ditugaskan untuk mendampingi anak-anak sekawan Bhinnekaz untuk mencegah Perang Dunia ke-3 yang berpotensi meluluhlantakkan bumi dan umat manusia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dijelaskan Sandiaga akan fasilitasi Balpil dengan PP 24 tahun 2022. Di mana ini adalah turunan dari Undang-undang Nomor 24 tahun 2019, serta Presiden menginstruksikan pihaknya agar pembiayaan berbasis IP diwujudkan dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual.



"Bisa menjadi kolateral, bisa menjadi jaminan pinjaman termasuk pinjaman bank," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brief With Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Kamis 10 November 2022.

Sandiaga berharap ke depannya Balpil akan terus berkembang dan memberikan kontribusi kepada perekonomian Indonesia dengan karya-karya yang berkualitas.

"Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, diharapkan episode ini dapat menjadi momentum refleksi dalam menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan di kehidupan kita,” jelas Sandiaga.

Project Director Balpil Holip Soekawan mengatakan bahwa Balpil merupakan serial animasi original dari Indonesia. Balpil menampilkan pesan dan kekayaan Indonesia kepada dunia.



“Visi kami ingin mengekspos kekayaan Indonesia dimulai dari empat tokoh yang ada, seperti tokoh harimau ini berdasarkan harimau Sumatra, ikan arwana, dan masih banyak sekali fauna di Indonesia,” kata Holip.

Sedangkan Executive Produser Balpil Adam Jagwani menyampaikan bahwa ini bukan sekadar animasi superhero. Namun juga ingin menyampaikan pesan moral yang universal, yakni pentingnya hidup seimbang.

“Memang animasi Balpil ini bukan hanya superhero, tapi kami ingin menyampaikan bahwa pentingnya generasi muda itu untuk hidup seimbang,” ujar Adam.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)