Terbuat dari Bahan Kue, Replika Gatotkaca Tertinggi Sukses Pecahkan Rekor MURI

Jum'at, 11 November 2022 - 16:37 WIB
loading...
Terbuat dari Bahan Kue, Replika Gatotkaca Tertinggi Sukses Pecahkan Rekor MURI
Replika Gatotkaca yang berada di pameran kuliner SIAL InterFood di JI Expo, Jakarta, berhasil membukukan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). / Foto: Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Replika Gatotkaca yang berada di pameran kuliner SIAL InterFood di JI Expo, Jakarta, berhasil membukukan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Replika tersebut dicatat sebagai Replika Gatotkaca Tertinggi.

Uniknya, karena replika tersebut berada di tengah gelaran kuliner , pembuatannya pun berasal dari bahan-bahan makanan.

Icing decoration Gatotkaca itu terbuat dari campuran putih telur dan icing sugar atau gula, yang sering digunakan dalam produk bakery sebagai dekorasi kue pernikahan. Selain itu juga terdapat bahan sugar cookies, cupcake, dan lainnya dengan menggunakan Bakels Pettinice RTR (ready to roll) Icing.

Baca juga: Fakta-Fakta Penyanyi Dangdut Pria Paling di Hati di Anugerah Dangdut Indonesia 2022

Replika tokoh pewayangan ini sendiri memiliki tinggi sekitar 3,18 meter, lebar 2,08 meter, kedalaman 1,48 meter dan berat 125 kilogram. Dengan ukurannya yang cukup besar, replika ini cukup menarik perhatian pengunjung untuk foto bersama.

Penggagas replika Gatotkaca, PT Bakels Indonesia melalui Managing Director-nya, Ricky Sutanto menyebutkan bahwa pihaknya ingin mengangkat kearifan lokal Tanah Air, terutama pahlawan lokal di Hari Pahlawan.

"Ini adalah sebuah rekor yang mempunyai makna yang sangat luar biasa, terutama generasi muda untuk bangga sekaligus merawat budaya tradisional pahlawan lokal di tengah menjamurnya superhero dunia," ungkap Ricky ketika dijumpai di JI Expo, Jakarta, baru-baru ini.



Sementara itu, pengerjaan replika Gatotkaca ini membutuhkan waktu sekitar 2 bulan oleh 10 orang seniman dari Jakarta.

Baca juga: Penyanyi TB Aji Curahkan Perasaan Melalui Single Simpan Hati

Ricky berharap ke depannya pihaknya berencana menghadirkan replika tokoh-tokoh pewayangan yang lain maupun karya seni seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4271 seconds (11.210#12.26)