6 Tips Detoks Paru-Paru yang Kondisinya Memburuk Gara-Gara Polusi Udara

Minggu, 13 November 2022 - 23:55 WIB
loading...
6 Tips Detoks Paru-Paru yang Kondisinya Memburuk Gara-Gara Polusi Udara
Infeksi paru-paru dan kondisi paru-paru kronis seperti asma, bisa disebabkan atau diperburuk oleh kualitas udara yang jelek. Foto Ilustrasi/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Infeksi paru-paru dan kondisi paru-paru kronis seperti asma, bisa disebabkan atau diperburuk oleh kualitas udara yang jelek. Hal itu lebih berbahaya bagi individu yang sudah memiliki penyakit paru-paru.

Anda mungkin akan terkena gejala yang muncul secara tiba-tiba saat terpapar polusi udara yang tinggi. Seperti batuk, merasa kehabisan napas, dan saluran udara meradang.

Untuk mengatasi dampak buruk polusi udara, ada berbagai metode untuk meningkatkan kesehatan paru-paru tanpa menggunakan obat dan campuran. Berikut ini adalah tips detoks atau membersihkan paru-paru.

1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur bisa membantu seseorang untuk menjaga kesehatan paru-paru. Karena, olahraga akan membuat otot bekerja lebih keras dan mempercepat pernapasan serta meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke otot.

2. Hindari Penularan Infeksi

Kualitas udara serta perubahan cuaca saat ini bisa membuat seseorang rentan terhadap infeksi. Dengan mendapatkan vaksinasi flu dan paru-paru, sering mencuci tangan, dan menghindari kontak dengan penderita penyakit lain, Anda bisa mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru.

3. Jaga Kebersihan dalam Ruangan

Menjaga kualitas udara dalam ruangan agar tetap bersih sangat penting. Pastikan ruang yang Anda tempati udaranya bersih dan sering divakum. Hindari semprotan aerosol dan gunakan bahan pembersih alami yang bebas wangi. Selain itu, pastikan juga untuk menyapu dan membersihkan rumah secara teratur.

4. Menghirup Uap Air
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)