Perbedaan Day Cream dan Night Cream Beserta Manfaatnya

Selasa, 15 November 2022 - 07:42 WIB
loading...
Perbedaan Day Cream dan Night Cream Beserta Manfaatnya
Perbedaan day cream dan night cream harus Anda ketahui agar tak salah pengaplikasian. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan day cream dan night cream harus Anda ketahui agar tak salah pengaplikasian. Sebab, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Seperti namanya, day cream diformulasikan untuk rutinitas perawatan kulit siang hari. Krim ini melindungi kulit Anda dari sinar UV, kotoran, dan debu. Day cream ringan, tidak berminyak, konsistensinya lebih tipis, serta cepat meresap ke dalam kulit. Bahkan, krim siang memungkinkan Anda untuk memakai riasan di atasnya. Skincare ini memelihara atau melembabkan kulit Anda, menjadikannya halus dan lembut.

Day cream mengandung SPF karena paparan sinar matahari kebanyakan terjadi pada siang hari. Namun demikian, SPF terkadang tidak cukup untuk memberikan perlindungan matahari yang tepat. Selanjutnya, komponen pencerah kulit seperti vitamin C dan asam kojic juga hadir dalam day cream.

Baca Juga: Ini Bedanya BB cream dan CC cream, Bikin Riasan Sempurna

Krim ini tidak menggunakan bahan aktif seperti asam alfa-hidroksi, asam glikolat, dan retinoid, yang dapat menyebabkan iritasi kulit saat terkena sinar matahari.

Manfaat Day Cream

- Memberikan perlindungan UVA.
- Mencegah kerutan dan garis halus.
- Melindungi kulit Anda dari polusi.
- Dipenuhi dengan antioksidan untuk memperbaiki kulit yang rusak.
- Memberikan hidrasi kulit yang dalam.
- Mencegah radikal bebas.
- Mengurangi kekeringan kulit.

Sementara night cream adalah produk perawatan kulit yang digunakan di malam hari. Night cream teksturnya lebih kental dari krim siang. Setelah aplikasi krim, proses rehidrasi dimulai pada malam hari saat Anda tidur.

Kulit Anda juga melakukan perbaikan di malam hari. Akibatnya, banyak night cream memiliki zat antipenuaan seperti retinol yang menyebabkan peremajaan sel kulit. Bahan ini mengurangi munculnya garis halus serta kerutan di wajah Anda.

Baca Juga: Gel Cream Bisa Bikin Kulit Tetap Lembab dan Cerah Selama Beraktivitas

Krim antipenuaan biasanya digunakan pada malam hari karena mengandung retinol, bahan ampuh yang diketahui dapat mengurangi garis halus dan kerutan, mengembalikan kekencangan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit. Namun, retinol tidak boleh digunakan pada siang hari karena membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV serta dapat menyebabkan kemerahan, pengelupasan, dan kepekaan.

Bakuchiol, alternatif alami untuk retinol, adalah bahan yang paling aman serta efektif untuk dicari pada night cream dan krim siang karena tidak fotosensitif.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1957 seconds (11.252#12.26)