Bantu Orangtua Atasi Diabetes Tipe 1 pada Anak, CDiC Luncurkan Fitur Baru di Aplikasi PrimaKu

Sabtu, 12 November 2022 - 19:25 WIB
loading...
Bantu Orangtua Atasi Diabetes Tipe 1 pada Anak, CDiC Luncurkan Fitur Baru di Aplikasi PrimaKu
Program Changing Diabetes in Children (CDiC) di Indonesia meluncurkan fitur Diabetes Registry & Diary di aplikasi PrimaKu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Changing Diabetes in Children (CDiC) di Indonesia meluncurkan fitur Diabetes Registry & Diary di aplikasi PrimaKu. Fitur ini akan meliputi sistem registrasi, edukasi, rekomendasi pengobatan dan monitoring untuk anak-anak dengan diabetes tipe 1. Dengan adanya fitur ini, penanganan diabetes tipe 1 bagi anak-anak Indonesia diharapkan akan menjadi lebih baik dan lebih komprehensif.

Diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang paling umum ditemukan pada anak dan remaja. Diabetes tipe 1 merupakan kondisi yang kompleks untuk dikelola. Penanganan diabetes tipe 1 yang baik meliputi pemeriksaan gula darah mandiri, pemahaman diabetes yang komprehensif, dan dukungan tenaga medis profesional.

Jumlah anak-anak dengan diabetes terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), diperkirakan ada lebih dari 1,2 juta anak dan remaja di bawah umur 20 tahun yang hidup dengan diabetes tipe 1.1 Setiap tahunnya, 108.200 anak dan remaja di bawah umur 15 tahun didiagnosa diabetes tipe 1.

Di Indonesia sendiri, dalam periode 2000 – 2010, prevalensi DMT1 di Indonesia meningkat tujuh kali lipat, dari 3,88 per 100 juta penduduk pada tahun 2000 menjadi 28,19 per 100 juta penduduk pada tahun 20103. Karena tingginya angka underdiagnosis (pasien yang tidak terdiagnosis) dan misdiagnosis (pasien dengan hasil diagnosis yang salah), angka pasti prevalensi diabetes tipe 1 pada anak-anak diperkirakan lebih tinggi dibandingkan dengan data yang sudah ada.



Fitur Diabetes Registry & Diary yang tersedia di PrimaKu diharapkan dapat membantu orangtua anak-anak dengan diabetes tipe 1 untuk mencatat kondisi (salah satunya adalah kadar gula darah) dan medikasi anak-anaknya sehingga dapat memberikan data yang komprehensif saat berkonsultasi dengan dokter. Fitur ini akan dapat memberikan gambaran mengenai prevalensi dan tatalaksana diabetes tipe 1.

CMRQ (Clinical, Medical, Regulatory, and Quality) Director Novo Nordisk Indonesia dr. Riyanny Meisha Tarliman menyampaikan, Fitur Diabetes Registry & Diary di aplikasi PrimaKu ini adalah salah satu implementasi program CDiC di Indonesia.

"Dengan memiliki informasi yang detail mengenai keadaan anak, diabetes pada anak-anak dapat dikelola dengan baik. Inilah yang menjadi pendorong utama dalam program kemitraan global Changing Diabetes® in Children, yaitu mencegah kematian pada anak yang diakibatkan oleh diabetes," ungkapnya.

Peluncuran fitur ini dihadiri oleh Duta Besar Denmark untuk indonesia H.E. Lars Bo Larsen, CDiC in Indonesia Lead Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, (K), FAAP, FRCPI (Hon.), Head of Asia Emerging Markets Roche Diabetes Care Mihai Irimescu, serta perwakilan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan Ikatan Diabetes Anak dan Remaja (IKADAR).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2901 seconds (0.1#10.140)