Tjiwi Kimia Raih Penghargaan Kemenkes atas Dukungan terhadap Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif

Sabtu, 19 November 2022 - 04:24 WIB
loading...
Tjiwi Kimia Raih Penghargaan Kemenkes atas Dukungan terhadap Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif
Tjiwi Kimia meraih penghargaan Mitra Bakti Husada dari Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia), unit usaha Asia Pulp & Paper Sinar Mas, meraih penghargaan Mitra Bakti Husada dari Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP). Penganugerahan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 dalam rangka meningkatkan perlindungan pekerja.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa dan didampingi Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Maria Endang Sumiwi itu merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kesehatan kepada mitra dan perusahaan yang peduli terhadap kesehatan pekerja, khususnya perempuan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa dalam sambutannya menjelaskan, GP2SP merupakan perwujudan dari beberapa peraturan pemerintah, di mana seluruh perusahaan wajib menyelenggarakan upaya kesehatan menyeluruh yang mencakup peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini, dan penanganan penyakit serta pemulihan kesehatan.

"Pekerja perempuan memiliki peran ganda sebagai seorang ibu. Oleh karena itu, implementasi gerakan GP2SP tidak hanya berperan meningkatkan kesehatan dan produktivitas, namun juga dalam mencapai indikator pembangunan lain, karena seorang ibu yang sehat akan melahirkan para generasi penerus bangsa yang berkualitas," papar Kunta.

"Kami menyambut baik penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Penghargaan ini merupakan wujud upaya dan dukungan kami dalam meningkatkan kualitas kesehatan para pekerja, khususnya kaum perempuan di lingkup perusahaan," kata Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata di tempat terpisah.

Tjiwi Kimia menerapkan beragam program dalam mendukung gerakan GP2SP, antara lain kebijakan terhadap pekerja wanita bekerja nonshift, penggunaan wajib APD lengkap, pelayanan kesehatan bekerja sama dengan Rumah Sakit Citra Medika dan beberapa puskesmas, serta sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari tenaga kesehatan profesional.

Selain itu terdapat pula program dalam upaya menurunkan tingkat anemia pekerja perempuan, serta beragam program bagi pekerja hamil dan menyusui antara lain penyediaan ruang laktasi, senam hamil, reward bagi ibu pemberi ASI eksklusif, dan lain sebagainya.

"Melalui beragam program yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan pekerja yang dijalankan di Tjiwi Kimia, kami harapkan dapat memacu dan terus meningkatkan upaya keselamatan dan kesehatan pekerja secara menyeluruh, sehingga mampu mendukung terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia," pungkas Suhendra.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)