Ramavito Mountaino dari EdenFarm Sabet Penghargaan Indonesia Best CFO Awards 2022

Sabtu, 19 November 2022 - 02:20 WIB
loading...
Ramavito Mountaino dari EdenFarm Sabet Penghargaan Indonesia Best CFO Awards 2022
CFO sekaligus Co-Founder EdenFarm Ramavito Mountaino berhasil meraih penghargaan CFO terbaik dalam ajang Indonesia Best CFO Awards 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Chief Financial Officer (CFO) sekaligus Co-Founder EdenFarm Ramavito Mountaino berhasil meraih penghargaan CFO terbaik dalam ajang Indonesia Best CFO Awards 2022. Dalam ajang ini, EdenFarm menjadi satu-satunya perusahaan startup yang masuk ke dalam daftar Top 10 yang menjadi pemenang.

Simbolisasi penghargaan diselenggarakan secara daring dengan tema The New CFO Roles as Business Transformer and Growth Initiator pada Kamis (17/11/2022).

"Harus diakui para CFO selama dua tahun ini telah mampu membuktikan dapat membawa perusahaan pada masa-masa yang berat dan penuh tantangan, termasuk disrupsi digital dan pandemi Covid-19," kata Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media selaku penyelenggara event dalam sambutannya.

Kemal menyampaikan, ke depannya CFO akan dihadapkan pada tantangan yang semakin besar, dengan kondisi ekonomi yang cenderung memburuk serta tuntutan untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan.

"Dengan peran serta tanggung jawab yang semakin banyak, posisi CFO menjadi semakin strategis dan menjadi salah satu penentu utama dalam kemajuan suatu perusahaan," ujarnya.

Ramavito Mountaino yang meraih penghargaan Indonesia Best CFO Awards 2022 dengan predikat "Very Good", mendapat nilai 84,92% yang dikalkulasi dari 4 aspek penilaian yaitu kejelasan identifikasi masalah, strategi dan terobosan untuk mencapai sasaran dan pengaplikasian, hasil (result), serta kecakapan dalam berkomunikasi.

Sebagai CFO EdenFarm, pria yang akrab disapa Vito itu telah berhasil menggenjot pertumbuhan revenue dan profitability perusahaan melalui beberapa strategi seperti penerapan harga dengan menyesuaikan seberapa kompleks rantai pasok di area tersebut, memprioritaskan produk high-margin dan fokus pelanggan, melakukan monitoring dan penyelerasan metrics perusahaan secara berkala, serta melakukan restrukturisasi organisasi.

Sebagai catatan, dengan berbagai strategi tersebut, EdenFarm sebagai startup rantai pasok pangan B2B, berhasil meraih pendanaan sebesar USD21juta selama 2 tahun terakhir.

"Dalam dua tahun terakhir kami berhasil bertahan dan akan selalu bertumbuh baik secara revenue, namun juga diimbangi dengan perkembangan gross margin dan profitability yang sehat melalui inovasi teknologi dan kolaborasi berkelanjutan bersama para petani," papar Vito.

Selain bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan, di EdenFarm Vito juga memastikan fungsi-fungsi di bawah kepemimpinannya siap menopang pertumbuhan bisnis.

Dalam pidato singkatnya saat penyerahan penghargaan Indonesia Best CFO Awards 2022, Vito menyampaikan apresiasinya untuk seluruh dewan juri.

"Mendapat penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi saya sebagai bagian dari suatu startup, karena disandingkan dengan CFO dan champions yang sudah jauh lebih lama dari kami secara pengalaman," katanya.

"Tidak mudah bagi startup menghadapi 2 tahun terakhir ini. Namun dengan kerja keras, tim kami dapat bertumbuh. Saya berharap, dengan eksistensi startup di ajang penghargaan semacam ini, dapat menjadi motivasi bagi startup lain untuk terus berkembang dan mendigitalisasi industri-industri yang ada di Indonesia," pungkas Vito.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1525 seconds (10.101#12.26)