Viral! Kasus Bullying Pelajar hingga Pingsan, Ini Dampak Perundungan Bagi Anak

Minggu, 20 November 2022 - 08:04 WIB
loading...
Viral! Kasus Bullying Pelajar hingga Pingsan, Ini Dampak Perundungan Bagi Anak
Baru-baru ini kasus bullying atau perundungan antar pelajar hingga pingsan viral di media sosial. Foto/Twitter
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini kasus bullying atau perundungan antar pelajar viral di media sosial. Dalam video yang beredar terlihat seorang siswa salah satu SMP di Kota Bandung itu mendapat tindakan bullying dari teman sekelasnya.

Aksi bullying tersebut ditampilkan dalam sebuah video yang disebarkan oleh akun Twitter @salmandoang. Dalam video tersebut, salah satu siswa yang menjadi korban terlihat dipakaiakan helm di kepalanya oleh seorang siswa lainnya.

Lalu, kepala korban yang telah terpasang helm itu ditendang dan dipukul dengan tangan. Tendangan yang dilakukan berkali-kali oleh seorang siswa tersebut bahkan mengakibatkan korban jatuh tersungkur ke lantai kelas.

Lantas, apa sebenarnya dampak buruk bullying pada anak-anak di sekolah? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Stop Bullying! Ini 3 Cara Mencegah Bullying di Instagram

Bullying bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering dialami anak-anak dan remaja. Mirisnya, bullying pada anak ternyata bisa memberi efek yang negatif bagi kesehatan secara keseluruhan.

Secara umum, bullying diartikan sebagai tindakan menyerang atau kekerasan yang dilakukan pada fisik maupun mental seseorang. Biasanya, pelaku bullying akan mengintimidasi dan membuat korbannya merasa tidak berdaya dan paling sering ditemukan di lingkungan sekolah.

Dampak bullying pada anak:

1. Menimbulkan depresi dan kecemasan

Anak yang merupakan korban bullying biasanya kerap merasa tertekan. Dia akan merasa sangat cemas setiap hendak pergi ke tempat di mana kejadian bullying dilakukan. Masalah psikologis ini akhirnya mengakibatkan korban perundungan mengalami gangguan psikosomatis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1823 seconds (11.97#12.26)