5 Jenis Air Rebusan Daun yang Paling Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Minggu, 20 November 2022 - 16:23 WIB
loading...
5 Jenis Air Rebusan Daun yang Paling Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi
Ada lima air rebusan daun yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Ini salah satu cara alami menurunkan kolesterol dalam darah dengan diiringi gaya hidup sehat. Foto/Health Shots
A A A
JAKARTA - Ada tujuh air rebusan daun yang bisa menurunkan kolesterol tinggi . Ini merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan diiringi gaya hidup sehat.

Air rebusan daun ini dipercaya ampuh menurunkan kolesterol tinggi dalam darah yang bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius. Mulai dari stroke hingga penyakit jantung.

Dilansir dari Mayo Clinic, Minggu (21/11/2022) kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kondisi ini bisa menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah dan sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Endapan bisa pecah dan membentuk gumpalan pemicu serangan jantung atau stroke. Berikut daftar air rebusan yang paling ampuh menurunkan kolesterol tinggi .



1. Air Rebusan Daun Salam

Penelitian menemukan ekstrak daun salam efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ini berkat kandungan flavonoid bernama quercetin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Kandungan tanin pada daun salam juga mencegah penumpukan kolesterol dengan menghambat penyerapan lemak di usus. Flavonoid pada daun salam bekerja sebagai antioksidan untuk menghambat pembentukan kolesterol.

2. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih terbukti ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Daun ini membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan kolesterol jahat yang sangat tinggi.

Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus.



3. Air Rebusan Daun Alpukat


Telah terbukti bahwa daun alpukat memiliki sifat antikonvulsan, serta efek antiinflamasi dan vasorelaksan. Selain itu, daun alpukat bisa mencegah hiperlipidemia yang diinduksi kolesterol pada tikus.

Daun alpukat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total, triasilgliserol, protein, dan parameter hematologi pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat menghasilkan peningkatan protein total yang nyata dan penurunan kolesterol total.

4. Air Rebusan Daun Kelor

Daun kelor sejak lama digunakan untuk berbagai pengobatan. Salah satunya mengatasi kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek kardiotonik dan penurun kolesterol yang serupa dengan biji rami, gandum dan almond.



5. Air Rebusan Daun Ketumbar

Konsumsi air rebusan daun ketumbar secara rutin dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik. Semua bagian dari tanaman ketumbar dapat dimakan, tetapi daun segar dan biji kering paling sering digunakan dalam berbagai pengobatan.

Daun ketumbar adalah sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik. Bersamaan dengan nutrisi ini, setiap porsi daun ketumbar sarat dengan nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor dan lainnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)