5 Fakta Mengerikan Omicron XBB yang Harus Diwaspadai

Minggu, 20 November 2022 - 21:25 WIB
loading...
5 Fakta Mengerikan Omicron XBB yang Harus Diwaspadai
Berbagai varian bermunculan di tengah pandemi Covid-19 dari BA.4, BA.5, BA.2.75 hingga Omicron XBB. Varian XBB merupakan keluarga dari varian Omicron (BA.2). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berbagai varian bermunculan di tengah pandemi Covid-19 mulai dari BA.4, BA.5, BA.2.75 hingga Omicron XBB . Varian XBB merupakan keluarga dari varian Omicron (BA.2).

Omicron XBB pertama kali terdeteksi di India pada Agustus. Dilansir dari Health, Minggu (20/11/2022) Omicron XBB sekarang menyumbang lebih dari setengah dari semua kasus Covid-19 di Singapura.

Saat ini Omicron XBB telah terdeteksi di lebih dari 17 negara, termasuk AS. Varian ini juga sudah terdeteksi di Indonesia. Dengan kehadiran Omicron XBB, pemerintah pun meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Omicron XBB. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Subvarian Baru Covid-19 Terus Bermunculan, Segera Vaksin Booster

1. Keluarga Omicron

XBB keluarga Omicron, subvarian XBB turunan dari Omicron dengan karakteristik lebih cepat menular. Bahkan lebih menular, dibandingkan varian sebelumnya seperti BA.4 dan BA.5.

2. Lebih Menular

Omicron XBB Lebih menular 1,7 kali lipat dari varian Delta dan Alpha. "Ternyata XBB lebih menular lagi dari varian-varian lainnya, meningkat 1,7 kali lebih cepat penularannya," kata Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro dalam Siaran Sehat di YouTube RRI Net Official.

Baca Juga: Kenapa Varian XBB Cepat Menular, Ini Penjelasan Ahli Mikrobiologi

3. Banyak Ditemukan di Batam
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2421 seconds (10.101#12.26)