6 Kebiasaan yang Bikin Tekanan Darah Naik, Nomor 4 Dilakukan Tiap Hari

Selasa, 22 November 2022 - 07:02 WIB
loading...
6 Kebiasaan yang Bikin Tekanan Darah Naik, Nomor 4 Dilakukan Tiap Hari
Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan tekanan darah naik. Kondisi ini tak hanya terkait dengan genetika, tapi juga gaya hidup seperti pola makan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan tekanan darah naik . Kondisi ini tak hanya terkait dengan genetika, tapi juga gaya hidup seperti pola makan, rutinitas olahraga dan kebiasaan tidur.

Banyak orang mengetahui diet tinggi lemak, garam, dan gula serta gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat memengaruhi tingkat tekanan darah. Tetapi para ahli mengingatkan tentang kebiasaan lain yang dapat berdampak pada tekanan darah.

Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memahami bahwa beberapa kebiasaan umum dapat memengaruhi tekanan darah. Hal ini membuat tekanan darah tinggi lebih sulit untuk dikendalikan.

Berikut daftar kebiasaan yang bikin tekanan darah naik seperti dilansir dari Health Line, Selasa (22/11/2022).



1. Konsumsi Obat Bebas

Orang yang mengonsumsi obat bebas untuk mengobati sakit dan nyeri ringan dapat mengalami lonjakan tekanan darah. Obat antiradang seperti naproxen (Aleve) dan ibuprofen (Advil), dapat meningkatkan tekanan darah.

Obat resep seperti yang digunakan untuk merawat kesehatan mental, obat KB oral, imunosupresan, obat kanker, dan steroid juga dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, ahli medis menyarankan tidak berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter yang meresepkannya.

2. Minum Kopi dan Alkohol

Alkohol dan kafein juga dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah. Disarankan bahwa membatasi kafein hingga kurang dari 300 miligram atau sekitar dua hingga tiga cangkir kopi per hari, dapat membantu menghindari tekanan darah tinggi mencapai tingkat kritis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)