Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Makan dengan Kulitnya

Minggu, 16 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Makan dengan Kulitnya
Beberapa buah bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi terjadi ketika darah melewati vena dan arteri dengan kecepatan yang terlalu tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa buah bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi terjadi ketika darah melewati vena dan arteri dengan kecepatan yang terlalu tinggi, yang memberikan tekanan tidak semestinya pada sistem kardiovaskular tubuh.

Dilansir dari Express, Minggu (16/10/2022) mengurangi tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi adalah kunci untuk kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan perubahan pola makan.

Studi yang diterbitkan pada 2013 oleh sekelompok peneliti dari Universitas Oslo meneliti tentang dampak buah pada tekanan darah perokok. Dalam kesimpulannya, peneliti menulis bahwa buah kiwi berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

"Modifikasi gaya hidup untuk mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan merokok telah ditekankan. Buah dan sayuran dapat memodifikasi faktor risiko tersebut," jelas penelitian tersebut.

Baca Juga: 4 Rempah Penurun Darah Tinggi dan Penangkal Diabetes, Terbukti Ampuh

"Pada kelompok buah kiwi, penurunan 10 mmHg pada tekanan darah sistolik dan 9 mmHg pada tekanan darah diastolik diamati," sambungnya.

Studi kedua dilakukan 2 tahun kemudian pada 2015 dan juga dilakukan oleh Universitas Oslo. Namun, kali ini pada orang dengan tekanan darah sedikit meningkat. Sama dengan studi pertama, mereka juga melaporkan bahwa buah kiwi menurunkan tekanan darah.

"Di antara pria dan wanita dengan tekanan darah yang cukup tinggi, asupan tiga buah kiwi dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik 24 jam yang lebih rendah dibandingkan dengan satu apel sehari. Efeknya dapat diatur oleh mekanisme selain peningkatan fungsi endotel," ujar penelitian tersebut.

Namun, kiwi tidak hanya memberikan manfaat untuk tekanan darah tinggi. Buah ini juga terbukti memberikan manfaat kesehatan lainnya, salah satunya untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Ini karena kiwi memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Antara lain serat, folat, vitamin C, vitamin E dan antioksidan. Meskipun tekanan darah tinggi dikaitkan dengan kesehatan kardiovaskular yang buruk, kondisi ini juga dikaitkan dengan peningkatan kecepatan penuaan.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2569 seconds (10.55#12.26)