Ini Rahasia Nikmat Membuat Mi Ayam ala Abang-Abang

Kamis, 09 Juli 2020 - 05:35 WIB
loading...
Ini Rahasia Nikmat Membuat Mi Ayam ala Abang-Abang
Mi ayam adalah salah satu jajan yang banyak digemari. / Foto: ilustrasi/grab
A A A
JAKARTA - Mi ayam adalah salah satu jajan yang banyak digemari. Di balik harganya yang cukup terjangkau, rasa mi ayam ini sangat membekas dan banyak yang menjadikannya sebagai makanan favorit.

(Baca juga: Mencari Pengganti Kopi? Coba Kopi Kacang Arab yang Bebas Kafein )

Hal ini lantaran setiap penjual mempunyai bumbu rahasia sendiri untuk membuat mi ayam miliknya yang lezat. Pada dasarnya, membuat mi ayam sendiri tidak terlalu sulit, asalkan tahu bahan-bahan dasar untuk membuat mi ayam.

Selain itu, bahan dasar membuat mi ayam ala abang-abang juga tidak terlalu banyak. Bahan yang dibutuhkan cukup minyak ayam, kecap asin, ayam dan juga mi. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mi ayam sendiri sebagaimana mengutip dari Endeus TV.

1. Minyak dari Ayam dan Bawang

Salah satu kunci kelezatan mi ayam terletak pada penggunaan minyak ayam dan bawang. Minyak ini terbuat dari lemak dan kulit ayam yang dipotong-potong, kemudian dilelehkan hingga menjadi minyak.

Jika sudah menjadi minyak, masukkan bawang putih yang sudah dicincang dan goreng hingga kecoklatan dan krispi. Penjual mi ayam biasanya melelehkan lemak dalam jumlah banyak, kemudian disimpan dalam botol agar lebih mudah diracik dengan bahan lainnya. Agar aroma mi ayam lebih harum lagi, campur minyak ayam bawang dengan minyak wijen.

(Baca juga: Lima Resep Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah )

2. Kecap Asin

Sebagai penambah rasa pada mi ayam, penjual biasanya menambahkan kecap asin. Ada banyak merek kecap asin yang biasa digunakan. Selain memberi rasa gurih, kecap asin juga memberikan warna kecokelatan pada mi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)