4 Destinasi Wisata Cantik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Rabu, 23 November 2022 - 05:50 WIB
loading...
4 Destinasi Wisata Cantik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon
Di dekat Taman Nasional Ujung Kulon terdapat destinasi wisata lain yang tak kalah menarik, salah satunya Pulau Handeuleum. Foto/Taman Nasional Ujung Kulon
A A A
JAKARTA - Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung paling barat Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Luas kawasan taman nasional ini adalah 122.956 hektare, dan 44.337 hektare dari keseluruhan luas tersebut merupakan perairan.

Pada 1 Februari 1992, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site. Taman Nasional Ujung Kulon juga merupakan rumah bagi badak Jawa yang sangat terkenal dan terancam punah.

Taman nasional ini juga kerap diserbu oleh wisatawan, khususnya mereka yang menyukai kehidupan alam bebas, indah, dan memesona. Selain itu, di dekat Taman Nasional Ujung Kulon juga terdapat destinasi wisata lain yang tak kalah menarik.



Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022), berikut empat destinasi wisata yang ada di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon.

1. Gua Sanghyang Sirah
4 Destinasi Wisata Cantik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Foto/Helabimatours.blogspot.com

Tempat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berziarah. Gua Sanghyang Sirah dipercaya warga setempat pernah dikunjungi Khalifah Ali sehingga terdapat Batu Qur'an.

Kata "sirah" sendiri dalam bahasa Sunda maupun Jawa memiliki arti "kepala". Ini membuat Sanghyang Sirah semakin melegenda sebagai kepalanya Pulau Jawa. Kemudian Abah Syargani, salah seorang juru kunci menceritakan tentang makna sesungguhnya Sanghyang Sirah dan Ujung Kulon.

Ujung Kulon berarti ujungnya kula atau ujung aku, dan sirah berarti kepala atau pusatnya ilmu pengetahuan. Untuk itu Sanghyang Sirah memang dikisahkan sebagai tempat berkumpulnya para waliyullah.

"Maka wajar, Sanghyang Sirah menjadi tempat berkumpulnya para karuhun, yakni Wali Sanga. Ada juga Ibu Ratu Kidul, dan lain-lain," kata Abah Syargani.

Masyarakat di sekitar pesisir Ujung Kulon mendapatkan cerita turun temurun, bahwa lokasi tersebut merupakan tempat sahabat sekaligus menantu Rasulullah SAW yaitu Khalifah Ali Bin Abi Thalib bertemu dengan tokoh Sunda kala itu untuk menyerahkan Al-Qur’an sebagai pedoman menyebarkan agama Islam di Nusantara.



2. Pulau Panaitan
4 Destinasi Wisata Cantik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Foto/Dinas Pariwisata Provinsi Banten

Pulau ini terkenal dengan ombaknya yang menantang, sangat cocok buat para surfer. Selain itu, di sini Anda juga bisa melihat arca Ganesha dan banyak peninggalan kerajaan zaman Hindu kuno lainnya di puncak Gunung Raksa.

Wisatawan bisa berkemah di pulau tersebut. Merasakan sensasi kemah di dekat pantai akan sangat seru dan menyenangkan.

Sementara itu, antara Pulau Panaitan dan Pulau Jawa dibatasi oleh Selat Panaitan. Maka secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten.

3. Pulau Handeuleum
4 Destinasi Wisata Cantik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Foto/Taman Nasional Ujung Kulon

Kemudian ada Pulau Handeuleum, kawasan wisata di dekat dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Wilayah ini juga merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau-pulau karang di teluk Selamat Datang Banten di sebelah timur laut semenanjung Ujung Kulon.

Daya tarik Pulau Handeuleum adalah dipenuhi oleh hutan bakau dan aneka hewan liar seperti badak, buaya mutiara, ular sanca, ular cincin emas, dan aneka satwa liar lain.

Karena itu, Pulau Handeuleum memiliki karang yang banyak dan akar pohon bakau, tidak memungkinkan bagi Anda untuk melakukan snorkeling. Selain itu, tempat ini juga memiliki pasir pantai yang tak kalah bersih dengan pulau-pulau lain.

4. Gunung Honje
4 Destinasi Wisata Cantik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Foto/West Java BackPacker

Siapa bilang kawasan Ujung Kulon tidak memiliki gunung, di sini terdapat Gunung Honje kok. Luas wilayah Gunung Honje kurang lebih 19.500 hektare, dan di sekitarnya dikelilingi oleh sembilan belas desa penyangga, baik yang berbatasan langsung maupun tidak langsung.

Salah satu desa yang menjadi pintu gerbang masuk ke Taman Nasional Ujung Kulon adalah Tamanjaya. Anda dapat memasuki kawasan tersebut melalui desa ini.

Obyek wisata menarik yang terdapat di sekitar Tamanjaya antara lain Desa Nelayan Cibanua, Curug cipaniis, sumber air panas Cibiuk, dan wildlife viewing owa jawa di Curug Cikacang. Akomodasi yang terdapat di Tamanjaya seperti penginapan Sundajaya, penyewaan perahu/kapal, perkumpulan pemandu/guide lokal, dan pusat pembuatan souvenir patung badak.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)