Apakah Kacang Tanah Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi?

Sabtu, 26 November 2022 - 07:34 WIB
loading...
Apakah Kacang Tanah Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi?
Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan sterol yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Kacang merupakan salah satu makanan yang kerap sekali dihindari untuk dimakan atau dikonsumsi, bagi orang-orang yang memiliki kolesterol.

Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan sterol yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Kacang juga merupakan sumber protein nabati yang baik, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kacang tanah, selai kacang, dan minyak kacang semuanya bermanfaat untuk kolesterol. Meski tinggi kalori, memakannya dalam jumlah sedang juga dapat membantu orang mempertahankan berat badan yang ideal, dan juga sebagai bagian dari diet sehat.

Lantas benarkah kacang berperngaruh bagi penderita kolesterol? Bagaimana hal tersebut dapat terjadi, berikut adalah penjelasannya sebagaimana dilansir dari Medical News Today, Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga: Apakah Kacang Mete Mengandung Kolesterol Tinggi?

Bagaimana mengkonsumsi kacang mempengaruhi kolesterol?

Kacang merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal membantu mengurangi kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan membantu melindungi kesehatan jantung.

Kacang mengandung berbagai senyawa yang membantu mencegah penyerapan kolesterol dari sumber makanan. Senyawa ini meliputi, resveratrol, asam fenolik, flavonoid, fitosterol.

Fitosterol dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan menurunkan kolesterol LDL hingga 14%, membantu mengurangi risiko kardiovaskular.

Kacang juga tinggi arginin, asam amino yang membantu meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan darah, dan mungkin bermanfaat dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan jantung.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3081 seconds (10.55#12.26)