Ratu Elizabeth II Dikabarkan Idap Kanker Sumsum Tulang sebelum Meninggal

Minggu, 27 November 2022 - 18:30 WIB
loading...
Ratu Elizabeth II Dikabarkan Idap Kanker Sumsum Tulang sebelum Meninggal
Ratu Elizabeth II dikabarkan mengidap kanker sumsum tulang beberapa bulan sebelum meninggal dunia. Hal tersebut diungkap melalui biografi baru tentang hidupnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ratu Elizabeth II dikabarkan mengidap kanker sumsum tulang beberapa bulan sebelum meninggal dunia. Hal tersebut diungkap melalui sebuah biografi baru tentang hidupnya.

Dilansir dari Times Now News, Minggu (27/11/2022) Gyles Brandreth, seorang teman Pangeran Philip, menceritakan tentang Ratu Elizabeth II dalam biografi yang berjudul Elizabeth: An Intimate Portrait.

Meski penyebab resmi kematian Ratu Elizabeth II terdaftar karena usia yang sudah tua, menurut Gyles, dia menderita penyakit kanker tulang sumsum.

“Saya telah mendengar bahwa Ratu memiliki myeloma, kanker sumsum tulang yang akan menyebabkan kelelahan dan penurunan berat badannya dan masalah mobilitas yang sering kami ceritakan selama sekitar setahun terakhir dalam hidupnya," tulis Gyles dalam buku.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II sebelum Meninggal Ungkap Tak Ingin Pemakamannya Membosankan

Buku biografi itu juga mengklaim bahwa Ratu Elizabeth II tak berenergi. Namun, nenek Pangeran Harry itu memberi tahu para stafnya bahwa dia ingin tetap sibuk setelah kematian suaminya, Pangeran Philip pada April tahun lalu.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada bulan September tahun ini. Dia mengembuskan napas terakhirnya pada usia 96 tahun.

Menurut Healthline, myeloma adalah kanker sumsum tulang, bahan seperti spons di dalam tulang yang memiliki sel punca, yang dapat berkembang menjadi sel darah merah (RBC), sel darah putih (WBC), atau trombosit.

Kanker sumsum tulang terjadi ketika sel-sel di sumsum mulai tumbuh secara tidak normal atau dengan kecepatan yang dipercepat. Kanker yang dimulai di sumsum tulang disebut kanker sumsum tulang atau kanker darah.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Bersama Dua Perhiasan Kesayangan

Gejala kanker ini yang paling umum adalah nyeri tulang, terutama di panggul dan punggung bawah, dan lebih sering menyerang orang tua. Menurut para ahli, meski belum jelas apa sebenarnya penyebab kanker sumsum tulang, ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab.

Di antaranya adalah paparan racun seperti asap, produk pertanian, kotoran, paparan virus seperti hepatitis, HIV, Herpes, masalah dalam sistem kekebalan tubuh, merokok, kegemukan dan masalah keturunan.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1407 seconds (10.101#12.26)