Komik dengan Adaptasi Anime yang Gagal, Gak Sebagus Komiknya!

Minggu, 27 November 2022 - 20:54 WIB
loading...
Komik dengan Adaptasi Anime yang Gagal, Gak Sebagus Komiknya!
Foto: Doc Tokopedia
A A A
JAKARTA - Membaca komik Jepang atau dikenal dengan istilah manga, sudah menjadi kegemaran kebanyakan orang Indonesia. Selain gemar membaca manga, sebagian masyarakat Indonesia juga seringkali menyaksikan anime atau film kartun versi Jepang berdasarkan manga yang sudah pernah dibacanya.

Namun, adakalanya manga atau komik yang bagus dan populer ketika diadaptasi menjadi anime, seringkali hasilnya kurang memuaskan, bahkan mengecewakan. Sebab, tidak sesuai dengan karakter dan alur ceritanya. Walhasil, anime yang ditonton jadi kurang seru dan mengasyikan. Inilah yang kemudian disebut manga dengan adaptasi anime gagal.

Yups, sebenarnya untuk menampilkan anime adaptasi tidak harus sama persis dengan manganya. Namun, hal yang terpenting adalah bagaimana anime tersebut bisa mempertahankan kelebihan dan identitas yang ada dalam bacaan manganya.

Beberapa manga yang pernah dibuat menjadi anime gagal, seperti The Promised Neverland, Tokyo Ghoul, dan Berserk Karya Kentaro Miura.

Saat pertama kali dirilis pada 2019, The Promised Neverland sempat menjadi perbincangan yang hangat di kalangan penggemar anime. Banyak penggemar yang langsung tertarik dengan anime ini setelah melihat episode pertamanya.

Sayangnya, musim kedua anime ini tidak sebaik musim pertamanya. Banyak penggemar yang mengaku kecewa dengan musim kedua anime ini. Tidak hanya karena ending-nya yang terlalu dipaksakan, anime juga menghilangkan dan mengubah banyak materi penting dari manganya.

Salah satu alasan terbesar mengapa musim kedua The Promised Neverland tidak disukai penggemar adalah karena anime ini menghilangkan banyak arc penting dalam manganya. Setelah anime mengadaptasi sedikit dari materi arc Search For Minerva, anime mulai menghilangkan dan mengubah banyak materi penting dari manganya.

Karena banyak materi manga yang dihilangkan, alhasil, banyak juga karakter penting yang absen dalam anime. Karena anime menghilangkan arc Goldy Pond Battle, karakter Yugo juga tidak ditampilkan dalam anime. Hal ini sangat disayangkan, karena selain Yugo memiliki peran yang penting, Yugo juga merupakan karakter yang disukai oleh penggemar.

Komik The Promised Neverland sebenarnya mengisahkan cerita dengan latar belakang pada tahun 2045. Komik karya Kaiu Shirai ini memiliki tokoh utama yang bernama Emma, seorang anak yatim piatu berusia 11 tahun yang tinggal di Gracefield House, panti asuhan kecil yang menampungnya beserta 37 anak lainnya.

Hidupnya sangat nyaman dengan makanan yang terasa lezat, tempat tidur yang nyaman, pakaian yang layak, dan cinta dari "Mama" sekaligus pengasuh mereka yang bernama Isabella.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1895 seconds (11.97#12.26)