Tingkatkan Kesadaran Kanker Kulit, Fotografer Ini Sukses Kumpulkan 2.500 Orang Telanjang Bulat di Pantai Australia

Senin, 28 November 2022 - 10:44 WIB
loading...
Tingkatkan Kesadaran Kanker Kulit, Fotografer Ini Sukses Kumpulkan 2.500 Orang Telanjang Bulat di Pantai Australia
Seorang fotografer AS, Spencer Tunick, punya cara nyentrik untuk meningkatkan kesadaran kanker kulit dengan mengumpulkan 2.500 orang lalu meminta mereka telanjang bulat di bibir Pantai Australia. Foto: Don Arnold/WireImage/Getty Images
A A A
JAKARTA - Seorang fotografer Amerika Serikat (AS), Spencer Tunick, punya cara nyentrik untuk meningkatkan kesadaran kanker kulit. Adalah mengumpulkan 2.500 orang lalu meminta mereka telanjang bulat di bibir Pantai Bondi, Australia.

Aksi berani ini dilakukan Sabtu kemarin, 26 November 2022. Tunick melakukannya semata-mata untuk karya seni terbarunya, sekaligus mengedukasi soal kanker kulit ke masyarakat dunia.

"Kami punya kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemeriksaan kulit dan saya merasa terhormat... datang ke sini, membuat karya seni dan merayakan tubuh dan perlindungan," kata Tunick kepada Reuters, dikutip MNC Portal dari CNN, Senin (28/11/2022).

Salah seorang peserta, Robyn Lindner, mengaku sempat gugup sebelum akhirnya telanjang bareng-bareng dengan peserta foto lainnya.



"Saya diam-diam ketakutan dan tadi malam saya harus mengakui bahwa saya berpikir, 'Apa yang telah saya lakukan?' Tapi ini hebat. Semua orang sangat baik, semua orang sangat hormat, dan itu terasa sangat menyenangkan," katanya.

Ini merupakan proyek keempat Spencer Tunick di Australia, setelah sebelumnya pada 2010 dia mengumpulkan sekitar 5.500 orang telanjang bulat di Gedung Opera Sydney yang super famous.

Aksi Spencer Tunick ini bekerja sama dengan Skin Check Champions yang merupakan badan amal yang menjalankan klinik edukasi pemeriksaan kulit secara cuma-cuma.

Masyarakat Australia dinilai masih sangat rendah melakukan pemeriksaan kulit. Karena itu, lewat aksi ini diharapkan semakin banyak orang tidak ragu datang ke klinik untuk pemeriksaan kulit, yang mana ini baik sebagai upaya pencegahan kanker kulit.

* Kenapa skrining kanker kulit penting dilakukan?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3680 seconds (0.1#10.140)