Berkolaborasi dengan Para Pelaku Ekraf, Kemenparekraf Turut Bantu Korban Gempa Cianjur

Senin, 28 November 2022 - 20:43 WIB
loading...
Berkolaborasi dengan Para Pelaku Ekraf, Kemenparekraf Turut Bantu Korban Gempa Cianjur
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan kolaborasi dengan beberapa ekosistem ekonomi parekraf untuk membantu korban gempa di Cianjur / Foto: Tangkapan layar YouTube Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan kolaborasi dengan beberapa ekosistem ekonomi pariwisata kreatif untuk membantu para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Salah satunya dengan melakukan charity atau mengumpulkan donasi untuk membeli sejumlah kebutuhan yang diperlukan para korban gempa. Mulai dari tenda, terpal, selimut, makanan dan minuman, popok bayi, hingga obat-obatan dan vitamin.

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekaf, Fajar Utomo menyampaikan bahwa pasca kejadian gempa bumi di Cianjur, pihaknya langsung berkoordinasi dengan dinas pariwisata Cianjur untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan para korban.

Baca juga: Soal Kisruh Pendaftaran Kebaya ke UNESCO, Begini Kata Menparekraf Sandiaga Uno

"Dari awal kejadian kita sudah berkoordinasi dengan dinas pariwisata yang ada di Cianjur, karena memang ternyata salah satunya kabupaten Cianjur ini tim manajemen krisis kepariwisataannya sudah aktif. Sehingga cukup tanggap lah," jelas Fajar dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (28/11/2022).

"Nah, dari komunikasi kita selama 3-5 hari pertama pasca kejadian dengan tim dari MKK Dispar Cianjur ini, kita mendapatkan identifikasi kebutuhan yang dibutuhkan oleh para pengungsi terutama, yaitu tenda, kemudia terpal, selimut, makanan dan minuman, kemudian popok bayi, serta obat-obatan dan vitamin," paparnya.

Sejauh ini, beberapa ekosistem ekonomi pariwisata kreatif yang telah berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk membantu korban gempa Cianjur di antaranya Eiger, Pondok Indah Golf, Reddoorz, dan juga dari salah satu produsen ekraf lainnya.



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno lantas mengapresiasi langkah gotong royong yang dilakukan beberapa ekosistem ekonomi pariwisata kreatif tersebut. Dia juga menyebut, pihaknya tak menutup kemungkinan untuk terus mendukung kolaborasi kegiatan charity dari berbagai pihak dan sektor untuk membantu korban gempa Cianjur.

"Mungkin saya sedikit ingin mengungkapkan harapan dan terima kasih kepada para donatur. Kebetulan Pak Fajar juga besok akan ke lokasi, jadi nanti kita buka kesempatan bagi teman-teman jika seandainya nanti akan mengirimkan tim atau ada tambahan, jadi kita menghimbau semuanya untuk bisa mengulurkan tangan bantuan kepada saudara-saudara kita yang ada di Cianjur," ungkap Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sebelum Putuskan Gabung Label Besar atau Indie, Simak Dulu Ulasan Berikut Ini

"Begitu juga kolaborasi dari sektor pemerintah dan swasta dalam membantu saudara-saudara kita yang masih berjuang untuk memulihkan kondisi dan bangkit dari bencana gempa di Cianjur. Jika ingin berjalan cepat, maka berjalanlah sendiri. Jika ingin berjalan jauh maka berjalanlah bersama-sama, demikian pepatah dari Afrika," pungkasnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1567 seconds (10.55#12.26)