Amankah Menggunakan Kosmetik di Era New Normal?

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:33 WIB
loading...
Amankah Menggunakan Kosmetik di Era New Normal?
Banyak wanita mulai beraktivitas di luar rumah dan mereka kerap menggunakan make-up. Di antara mereka pun banyak yang bertanya terkait penggunaan kosmetik di masa new normal. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Memasuki era new normal, sebagian dari kita telah memulai aktivitas harian secara terbatas. Tentu saja dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan yang sudah digaungkan, yaitu selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, tidak menyentuh area wajah, menjaga jarak, dan isolasi diri bila merasa tidak fit.

Dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah, Dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV mengatakan para perempuan yang sudah mulai bekerja kembali atau beraktivitas di luar rumah akan merasa tidak lengkap jika tidak menggunakan make-up atau kosmetik.

Namun, banyak pertanyaan yang muncul terkait penggunaan kosmetik ini. Amankah berdandan menggunakan kosmetik dengan adanya infeksi COVID-19 yang dikenal mudah menular ini? Bagaimana cara menggunakan kosmetik secara aman selama masa new normal?

“Kosmetik adalah bahan yang digunakan untuk memberikan sentuhan akhir pada wajah misalnya lipstik, maskara, eyeliner, eyeshadow, bedak, pensil alis, dan lainnya,” kata dr Susie. (Baca juga: WHO Akui Ada Bukti Sebaran Virus Corona di Udara ).

“WHO menyatakan penularan virus SARS-COV2 penyebab COVID-19 terutama adalah melalui droplet (percikan yang terjadi bila kita batuk atau bersin). Droplet yang terjadi dianggap berukuran besar dan berat, sehingga setelah orang batuk dan bersin, biasanya segera jatuh ke lantai ataupun permukaan lainnya,” sambung dia.

Menurutnya, Droplet, baik makro maupun mikro, yang mengandung virus dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

“Sedangkan penggunaan kosmetik banyak ditujukan untuk area sekitar mata dan bibir. Wadah kosmetik pun biasanya berbahan plastik dan seringkali terdapat cermin yang melekat,” ucap dr Susie.

Oleh karena itu, dr Susie memberikan tips yang bisa anda terapkan saat menggunakan kosmetik.
1. Cuci tangan sebelum menggunakan kosmetik.
2. Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home (WFH) kurang lebih selama hampir 3 bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali.
3. Aplikasikan kosmetik saat di masih berada rumah. Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplet mikro di udara yang dapat menempel di permukaan kosmetik kita.
4. Jangan meminjamkan kosmetik milik kita dan jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi ini. Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG).
5. Bersihkan wadah kosmetik secara rutin menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari.
6. Selalu gunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari touch-up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.
7. Bila kita terindikasi terkena infeksi COVID-19, hentikan penggunaan kosmetik. Kosmetik dapat kembali digunakan setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. “Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh,” papar dr Susie.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)