5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Selasa, 29 November 2022 - 20:40 WIB
loading...
5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang
Rekomendasi makanan khas Gunungkidul penting diketahui, terutama bagi pecinta kuliner yang sengaja berwisata ke wilayah tersebut. Salah satunya Gatot Tiwul. Foto/Ist
A A A
GUNUNGKIDUL - Rekomendasi makanan khas Gunungkidul sangat penting diketahui, terutama bagi pecinta kuliner yang sengaja berwisata ke wilayah tersebut.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gunungkidul merupakan bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta yang memiliki banyak potensi wisata di dalamnya. Saat ini daerah tersebut sedang melakukan sebuah kegiatan branding dengan nama Campaign Ini Gunungkidul – The Ultimate Hidden Gem.

Kampanye ini dilakukan sebagai salah satu upaya atau bertujuan untuk semakin meningkatkan daya tarik dan potensi daerah terhadap wisatawan maupun investor.

Dengan diadakannya Campaign Ini Gunungkidul – The Ultimate Hidden Gem, diharapkan pemerintah setempat dapat memaksimalkan tereksposenya berbagai destinasi wisata dan kuliner yang selama ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Baca Juga: Desa Wisata Gunungkidul Butuh Inovasi Gaet Wisatawan

Lantas kuliner apa saja yang menjadi khas Gunungkidul? berikut ini ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Gatot Tiwul
5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Makanan khas Gunungkidul yang pertama adalah Gatot Tiwul. Makanan legendaris dan tradisional yang satu ini dulunya merupakan makanan pokok bagi masyarakat Gunungkidul, namun sekarang Tiwul telah menjadi cemilan sehari-hari atau kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan ketika berkunjung.

Tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dikeringkan, kemudian dijadikan tepung dan tepung dari gaplek inilah yang kemudain dikukus menjadi Tiwul Rasa manis dan gurih dengan tambahan lelehan gula jawa membuat Tiwul memiliki rasa yang unik dan lezat.

2. Seafood
5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Makanan khas Gunungkidul yang kedua ialah Seafood. Dengan jumlah destinasi pantai yang sangat banyak, tentunya hidangan laut akan banyak pula ditemukan di berbagai sudut di Gunungkidul.

Salah satu contohnya adalah hidangan Lobster di pantai Timang dan Pantai Sepanjang. Wisatawan dapat menikmati hidangan laut yang nikmat dengan ditemani pemandangan pantai berpanorama indah yang akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama dalam menghabiskan waktu di sana.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1470 seconds (10.55#12.26)