6 Ciri-Ciri Orang yang Tidak Mau Bayar Utang

Kamis, 01 Desember 2022 - 12:05 WIB
loading...
6 Ciri-Ciri Orang yang Tidak Mau Bayar Utang
Ciri-ciri orang yang tidak mau bayar utang cukup mudah dikenali oleh mereka yang jeli. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri orang yang tidak mau bayar utang cukup mudah dikenali oleh mereka yang jeli. Ciri ini bisa terlihat dari sikap dan gaya hidup si pemilik utang.

Sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya saling membantu apabila ada orang yang kesusahan, baik itu keluarga, teman, ataupun orang lain, termasuk dalam hal finansial.

Seperti ketika teman sedang membutuhkan uang untuk kebutuhan pokok, biaya rumah sakit, biaya pendidikan, dan biaya kebutuhan lain. Apabila Anda memiliki rezeki lebih, tidak ada salahnya untuk membantu memberikan pinjaman.



Namun, masalahnya, tak semua orang bisa berkomitmen untuk mengembalikan uang tepat waktu, atau bahkan tidak dikembalikan sama sekali. Hal tersebut yang kerap memicu hubungan keluarga atau pertemanan merenggang, padahal sebelumnya terjalin dengan baik. Uang seketika bisa mengubah segalanya, bahkan hingga memicu permusuhan.

Untuk itu, sebelum Anda meminjamkan uang, sebaiknya kenali dulu beberapa ciri orang yang suka pinjam uang namun tidak dikembalikan.

1. Menggunakan Kata-Kata Manis

Para peminjam uang biasanya akan melontarkan kata-kata manis dan menyentuh hati guna memantik rasa iba ataupun kasihan agar dipinjamkan uang. Sebagai seorang teman, pasti akan meminjamkan uang apabila mendengar kata-kata yang menyentuh hati.

2. Berlebihan dalam Bercerita

Saat meminjam uang, biasanya seseorang akan menjual cerita sedih. Namun, ada pula yang menyombongkan diri akan membayar tepat waktu dengan menjanjikan bahwa dia bakal mendapat uang banyak nantinya. Bahkan, tidak sedikit yang berjanji akan mengambalikan uang dengan jumlah lebih dari yang mereka pinjam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)