Traveloka-AKAR Kolaborasi untuk Dorong Generasi Muda Peduli dan Jaga Kesehatan Mental

Kamis, 01 Desember 2022 - 12:21 WIB
loading...
Traveloka-AKAR Kolaborasi untuk Dorong Generasi Muda Peduli dan Jaga Kesehatan Mental
Kesadaran masyarakat akan pentingnya aspek kesehatan mental masih minim di tengah tingginya jumlah populasi yang mengalami gangguan kesehatan mental. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya aspek kesehatan mental masih minim di tengah tingginya jumlah populasi yang mengalami gangguan kesehatan mental. Menurut data yang dilansir oleh Kemenkes pada 2021, tercatat 20% dari total penduduk Indonesia mengalami potensi masalah kesehatan mental.

Hal tersebut mendorong Traveloka untuk berkontribusi aktif memberikan solusi. Traveloka bekerja sama dengan organisasi nirlaba ingin mendukung tercapainya kesehatan mental yang lebih baik di kalangan generasi muda. Platform perjalanan itu bekerja sama dengan Asosiasi Kesehatan Remaja Indonesia (AKAR), yaitu organisasi yang memiliki fokus perhatian pada kesehatan remaja usia 10-24 tahun.

Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana mengatakan, di tengah masyarakat saat ini, ada kesadaran yang meningkat akan pentingnya membantu generasi muda membangun ketahanan mental dan mengatasi tantangan dunia.

"Diperlukan upaya dari kita sebagai individu sekaligus bagian dari suatu komunitas sosial untuk memperdalam nilai dan komitmen terhadap kesehatan mental. Kami yakin, peran kolaboratif Traveloka bersama AKAR akan memperkuat edukasi mengenai pentingnya kesadaran untuk menjaga kesehatan mental, serta memberikan dukungan berbasis komunitas melalui jaringan layanan serta teknologi yang dapat diakses, terjangkau, dan berkualitas," tutunya melalui siaran pers, Kamis (1/12/2022).

Menjaga kesehatan mental remaja dan dewasa muda membawa manfaat tidak hanya untuk kesehatan mereka, namun juga ekonomi dan masyarakat. Shirley mengatakan, keberadaan dewasa muda yang sehat akan membawa kontribusi besar terhadap kualitas tenaga kerja Indonesia, keluarga, komunitas, dan masyarakat secara umum.

Menurut WHO, separuh dari gangguan mental bermula pada umur 14, namun banyak kasus yang terjadi tidak terdeteksi dan tanpa tindakan. Berbagai faktor ditengarai sebagai pemicu masalah keseimbangan kesehatan mental ini. Di antaranya tekanan dalam pekerjaan, masalah keluarga, pendidikan, dan kehidupan sosial.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO mencatat, pada 2019 sebanyak hampir satu miliar penduduk dunia mengalami gangguan kesehatan mental. Angka ini meningkat secara signifikan pada masa pandemi Covid-19.

Di Indonesia, hasil penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia pada 2021 menemukan bahwa mayoritas remaja dan dewasa muda berusia 16-24 tahun memasuki periode kritis kesehatan mental. Lebih lanjut penelitian tersebut menemukan bahwa hampir 96% remaja dan dewasa muda mengalami gejala kecemasan (anxiety) dan 88% di antaranya mengalami gejala depresi.

Ketua dan Founder AKAR dr. Fransisca Handy menjelaskan, ketika seseorang merasakan emosi yang sangat kuat, hal itu dapat diikuti dengan keluhan fisik. Kesehatan jiwa dipengaruhi faktor-faktor seperti tingginya tingkat stres di pekerjaan atau perkuliahan, masalah percintaan atau hubungan dengan keluarga dan teman, persaingan lewat sosial media, dan sebagainya serta kemampuan untuk mengelola situasi dan emosi yang dirasakan.

Seiring kolaborasi dengan AKAR serta semangat untuk merayakan hidup ‘Life, Your Way’, Traveloka mengajak masyarakat, terutama generasi milenial dan generasi Z, untuk tidak lupa berhenti sejenak dan beristirahat di tengah-tengah padatnya aktivitas.

"Tekanan dalam pekerjaan serta tuntutan untuk selalu menunjukkan performa terbaik pada akhirnya menimbulkan burn out atau kondisi di mana seseorang merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional,” ujar Shirley Lesmana.

Traveloka akan berkolaborasi dengan AKAR Indonesia dalam bentuk donasi untuk mendukung terlaksananya kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan empowerment kepada remaja Indonesia melalui program Youth Akar Indonesia.

"Berpedoman pada prinsip ‘Life, Your Way’, kami mengajak para pengguna setia Traveloka untuk terus menikmati hidup sesuai dengan pilihan mereka dan di saat yang sama mencapai keseimbangan kesehatan mental,” tutup Shirley.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)