Mengenal Kista Ovarium Serta Bahayanya, Penyakit yang Diderita Hailey Bieber

Sabtu, 03 Desember 2022 - 17:10 WIB
loading...
Mengenal Kista Ovarium Serta Bahayanya, Penyakit yang Diderita Hailey Bieber
Hailey Bieber baru-baru ini mengungkap tentang penyakit yang dideritanya. Diketahui bahwa istri Justin Bieber tersebut tengah menderita kista ovarium. Foto/Los Angeles Times
A A A
BANDUNG - Hailey Bieber baru-baru ini mengungkap tentang penyakit yang dideritanya. Diketahui bahwa istri Justin Bieber tersebut tengah menderita kista ovarium .

Hal tersebut dipublikasikan melalui akun Instagram pribadinya @haileybieber. "Saya memiliki kista di indung telur saya seukuran apel," kata Hailey.

"Tetapi saya pernah terkena kista ovarium beberapa kali dan itu tidak pernah menyenangkan.Ini menyakitkan dan pegal dan membuatku merasa mual, kembung serta kram." Lanjut Hailey Bieber.

Dikutip dari Jurnal Diagnosa dan Tatalaksana pada Kista Ovarium, Jumat (3/12/2022) kista ovarium adalah pertumbuhan jaringan abnormal berbentuk kantong berisi air pada sekitar ovarium.

Baca Juga: Selena Gomez dan Hailey Bieber Foto Bareng untuk Pertama Kalinya, Tegaskan Tak Berkonflik

Kista ini biasa diidap oleh wanita yang sedang dalam usia produktif atau mengalami masa menstruasi. Seperti halnya Hailey yang berusia 26 tahun.

Untuk gejala yang ditimbulkan sendiri masih belum pasti. Ini karena kebanyakan pasien tanpa gejala yang secara tiba-tiba telah mengidap penyakit ini.

Sebuah studi menyebutkan sekitar 4 persen wanita 65 tahun yang berobat ke rumah sakit memiliki kista ovarium. Studi lain menemukan sekitar 2,5 persen wanita postmenopausal (berakhirnya siklus menstruasi) memiliki kista ovarium.

Pada umumnya, kista ovarium ini bersifat jinak. Namun dalam beberapa kasus, penyakit ini juga bisa menjadi ganas. Biasanya kista ini hanya berukuran kecil dan dapat hilang tanpa melalui pengobatan. Ketika tak kunjung hilang barulah kista tersebut menimbulkan masalah.

Baca Juga: Gunakan Kontrasepsi, Hailey Baldwin Tunda Punya Momongan

Untuk gejala kista yang sudah parah biasanya akan menimbulkan gejala seperti kembung, atau nyeri. Gejala yang hampir sama seperti yang dirasakan Hailey.

Adapun kondisi serius di mana kista tersebut pecah atau jaringan ovarium terpuntir sehingga harus segera dilakukan penanganan. Kista ini juga dapat berpengaruh pada kesuburan wanita dalam beberapa kasus.

Sayangnya sulit untuk dapat mencegah timbulnya kista ini. Karena itu perlu pemeriksaan secara rutin untuk memantau perubahan yang terjadi di ovarium.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2056 seconds (11.210#12.26)