Waspada! Penonton Piala Dunia 2022 di Qatar Berisiko Terserang 8 Penyakit Ini

Minggu, 04 Desember 2022 - 12:52 WIB
loading...
Waspada! Penonton Piala Dunia 2022 di Qatar Berisiko Terserang 8 Penyakit Ini
WHO mengingatkan 1,2 juta penggemar Piala Dunia 2022 yang berkumpul di Qatar, untuk mewaspdai sejumlah penyakit, diantaranya flu unta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perhelatan sepak bola dunia atau Piala Dunia 2022 di Qatar, disorot oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Organisasi ini mengingatkan 1,2 juta penggemar yang berkumpul, untuk mewaspdai sejumlah penyakit, diantaranya flu unta.

Flu unta dianggap sebagai kerabat Covid-19. Melansir dari Times Now yang dikutip Minggu (4/12/2022) bahwa flu unta, dianggap sebagai penyakit bisa membunuh hingga sepertiga dari mereka yang terinfeksi.

Flu ini juga dikenal sebagai MERS. Menurut pengobatan John Hopkins, MERS pertama kali dilaporkan pada tahun 2012, dan banyak ditemukan di negara-negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yordania, dan Yaman. Kemudian, beberapa kasus juga ditemukan di Eropa, dan pada orang yang bepergian ke Timur Tengah.

Penyakit yang menular dan berbahaya untuk pernafasan. Peluang tertular penyakit ini karena ada kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.



Flu ini bukan hanya menginfeksi manusia, tapi juga ditemukan pada unta. Kendatinya, perlu diketahui dalam banyak kasus, menurut pakar kesehatan, MERS mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun.

Namun beberapa tanda dapat terlihat dalam 1-2 minggu, setelah terinfeksi virus. Gejala umum MERS, bisa berakibat fatal jika tidak ditangani baik pada waktunya, antara lain;

* Demam tinggi
* Panas dingin
* Batuk dan sakit tenggorokan
* Hidung meler dan dingin
* Sesak napas
* Nyeri otot dan persendian
* Mual dan muntah
* Diare

Lantas penyakit apa saja yang menjadi perhatian WHO, selain flu unta agar senantiasa jadi perhatian para penggemar Piala Dunia 2022 yang sedang berada di Qatar? berikut daftarnya:

1. COVID-19
2. Monkeypox (Mpox).
3. MERS (Flu Unta)
4. Penyakit vektor yang disebabkan oleh infeksi patogen serangga, seperti leishmaniasis kulit, demam berdarah, malaria, dan Rabies
5. Campak
6. Hepatitis A
7. Hepatitis B
8. Diare
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)