Penyebab Varises di Kaki dan Cara Mengatasinya, Waspadai 6 Gejala Ini

Minggu, 04 Desember 2022 - 14:42 WIB
loading...
Penyebab Varises di Kaki dan Cara Mengatasinya, Waspadai 6 Gejala Ini
Varises adalah vena yang bengkak dan bengkok, dan membuatnya menonjol. Jika Anda mengusapnya dengan jari, Anda bisa merasakan permukaan yang timbul pada kulit. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Varises adalah vena yang bengkak dan bengkok, dan membuatnya menonjol. Jika Anda mengusapnya dengan jari, Anda bisa merasakan permukaan yang timbul pada kulit. Varises biasanya berwarna biru keunguan atau merah.

Varises dapat terjadi di mana saja, salah satunya adalah wasir yang juga adalah bentuk dari varises. Meskipun bisa terjadi di mana saja, varises paling sering ditemukan di kaki. Itu karena pembuluh darah di kaki harus bekerja melawan gravitasi saat mengalirkan darah.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan pembuluh darah ini membengkak?

Dilansir dari Healthline, Minggu(4/12/2022) pada dasarnya varises disebabkan oleh peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah vena. Anda mungkin mengalami varises jika Anda memiliki katup yang lemah atau rusak di dalam pembuluh darah Anda.



Katup di dalam pembuluh darah ini bekerja dengan memastikan bahwa darah mengalir ke satu arah dan tidak mengalir ke belakang. Ketika katup ini melemah, itu dapat menyebabkan darah menggenang di vena daripada bergerak maju. Ini dapat menyebabkan vena meregang dan memutar.

Siapa saja dapat berisiko memiliki varises. Namun hal ini lebih banyak terjadi pada wanita yang biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal. Selain wanita, varises juga terjadi pada orang dewasa yang sedikit tua karena efek penuaan pada pembuluh darah.

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko meliputi :

* Riwayat keluarga varises

* Kegemukan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2794 seconds (0.1#10.140)