Kreasi Menu Lezat Sehat di Kelas Memasak Dapur Umami dan ABC Cooking Studio

Minggu, 04 Desember 2022 - 16:50 WIB
loading...
Kreasi Menu Lezat Sehat di Kelas Memasak Dapur Umami dan ABC Cooking Studio
Dapur Umami mengadakan cooking class dengan tema A Taste of Umami yang diikuti oleh para cooking enthusiast member ABC Cooking Studio pada 29 November 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dapur Umami mengadakan cooking class dengan tema “A Taste of Umami” yang diikuti oleh para cooking enthusiast member ABC Cooking Studio pada 29 November 2022.

Dalam event ini, seluruh cooking enthusiast terlebih dulu diajak untuk mengenal platform Dapur Umami buatan PT Ajinomoto Indonesia yang memiliki banyak fitur interaktif seperti Tanya NutriExpert, Jurnal Umami, Tukar Umami Coins, serta lebih dari 900 resep praktis yang lezat dan bergizi seimbang.

Setelah itu, para peserta juga diajak untuk merasakan perbedaan rasa asin dengan rasa umami melalui sensory test session. Melalui sensory test session ini, peserta bisa menyeimbangkan rasa asin dengan tidak mengonsumsi natrium dari garam secara berlebihan. Selain itu, para cooking enthusiast ini juga dikenalkan dengan kampanye Bijak Garam.

Katarina Larasati, Product and Nutrition Manager, PR Department PT Ajinomoto Indonesia, membawakan sensory test session ini dengan materi MSG Safety & Benefit, serta pengenalan Bijak Garam.

“Selama ini ada empat rasa dasar yang sudah lebih familiar kita ketahui yakni manis, asin, pahit, dan asam. Nah yang terakhir ditemukan adalah rasa umami atau gurih, ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yaitu Dr. Kikunae Ikeda," terang Katarina.

Dalam sensory test session kali ini, sesuai dengan tema acara ‘A Taste of Umami’, teman-teman dapat membedakan kaldu ayam yang lebih terasa gurih serta lezat dengan diberi sedikit MSG, dibandingkan dengan kaldu ayam diberi garam yang hanya terasa asin saja,” tambahnya.

Natrium dari garam, jelas Katarina, sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk berbagai mekanisme fisioligis. Misalnya memastikan keseimbangan cairan tubuh serta berperan dalam mengatur fungsi otot dan syaraf. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain.

Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5 gram. Nah, kampanye Bijak Garam mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi dengan cara menambahkan sedikit MSG.

Menurut Katarina, penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa.

Hal lain yang juga disinggung pada sesi tersebut adalah aspek keamanan MSG. Sebagai solusi pengurangan garam, MSG hingga saat ini dinyatakan aman oleh Badan Kesehatan Nasional (BPOM) dan dunia untuk dikonsumsi dengan batas asupan harian secukupnya.

Pada sesi berikutnya, para cooking enthusiast diajak untuk membuat kreasi masakan yang lezat, sehat, dan bijak garam. Menu cooking class kali ini adalah chicken meatballs & mushroom soup yang menggunakan bumbu kaldu Masako Rasa Gurih Pas varian terbaru.

Telah hadir sejak 2011, platform digital Dapur Umami bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam menemukan berbagai hal terkait referensi menu, tips memasak, dan informasi nilai gizi. Sehingga tidak hanya memberikan referensi menu yang praktis, mudah, dan lezat, namun juga bergizi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6962 seconds (0.1#10.140)