Manfaat dan Tips Berolahraga untuk Lansia, Ini Kata Pendiri Fitology Fitness

Senin, 05 Desember 2022 - 21:01 WIB
loading...
Manfaat dan Tips Berolahraga untuk Lansia, Ini Kata Pendiri Fitology Fitness
Jansen Ongko selaku ketua umum APKI dan pendiri Fitology Fitness menjelaskan tentang manfaat dan tips berolahraga untuk lansia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Golongan lanjut usia (lansia) merupakan sebuah tahapan hidup manusia yang dialami setiap orang yang berumur panjang. Pada umumnya mereka yang digolongkan sebagai lansia telah menginjak usia 60 tahun, di mana pada masa ini ditandai dengan adanya kemunduran kapasitas fisik, mental dan sosial.

Tak sedikit pula yang tergantung pada pertolongan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Itulah kenapa kata lansia erat kaitannya dengan keluhan kesehatan dan ketidakberdayaan. Padahal di samping bertambahnya usia, lansia dapat tetap mempertahankan keberdayaan mereka apabila mau dan mampu mempertahankan kebugarannya.

"Kita sebaiknya memahami bahwa adanya perbedaan antara sehat dan bugar. Sehat adalah suatu keadaan baik fisik, mental dan sosial yang terbebas dari penyakit atau kelemahan," kata Jansen Ongko selaku ketua umum APKI dan pendiri Fitology Fitness dalam keterangan tertulis yang diterima Senin (5/12/2022).

"Bugar adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak mudah lelah setelah melakukan berbagai aktivitas. Apakah orang yang bugar sudah pasti sehat? Tentu saja. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya. Dalam kata lain, orang sehat belum tentu bugar," tambahnya.

Baca Juga: Lansia Makin Merana

Menurut Jansen Ongko, kondisi industri kebugaran di Indonesia belum terlalu ramah terhadap lansia. Memang sangatlah sulit mencari pusat kebugaran dengan fasilitas yang mendukung dan nyaman suasananya untuk mereka berolahraga, terutama untuk melatih kekuatan. Kalaupun ada untuk lansia, umumnya adalah sanggar yang menyediakan senam untuk menjaga kesehatan kardiovaskular atau tempat rehabilitasi untuk mengatasi gangguan gerak yang mereka alami.

"Pendapat yang mengatakan latihan kekuatan itu berbahaya bagi lansia tidak sepenuhnya benar. Justru lansia perlu menjaga kekuatan otot mereka. Apapun program latihannya apabila dilakukan dengan baik, benar, terukur dan teratur serta disesuaikan dengan kemampuan tentunya aman,"katanya menambahkan.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), bahwa jumlah penduduk lanjut usia (lansia) Indonesia diproyeksikan terus bertambah hingga mencapai 19,9 persen pada tahun 2045.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah Republik Indonesia sendiri telah mempersiapkan segala bentuk kebijakan dalam rangka mengubah paradigma penuaan penduduk dari beban menjadi potensi dengan beberapa konsep seperti penuaan sukses dan penuaan aktif.

Baca Juga: Kemenkes: Jumlah Lansia di Indonesia Hampir Sama dengan Lansia Negara G20

Seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan pasal 1, dijelaskan bahwa strategi nasional kelanjutusiaan ditujukan dalam rangka mewujudkan lanjut usia yang mandiri, sejahtera dan bermartabat.

"Saya pribadi optimis Fitology Fitness akan menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha lama maupun baru di bidang kebugaran untuk ikut membuka usaha yang ramah untuk lansia. Apalagi setelah mengetahui laporan terkini dari PMK tentang proyeksi jumlah lansia dalam beberapa tahun ke depan tersebut," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Shintia Dewi selaku Brand Manager Entrasol mengungkapkan seiring bertambahnya usia, kita harus memastikan tubuh kita tetap aktif dan bugar, tentunya dengan melakukan sinergi aktivitas fisik dan nutrisi yang tepat setiap harinya. Entrasol turut mendukung APKI dalam menghadirkan Fitology Fitness sebagai sarana yang dapat memberikan solusi bagi dewasa & lansia untuk tetap aktif dan bugar,” jelasnya.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1430 seconds (10.101#12.26)