Ajak Musisi Mainkan Musik Kebangsaan, BPIG Gandeng Universitas Mataram

Selasa, 06 Desember 2022 - 15:33 WIB
loading...
Ajak Musisi Mainkan Musik Kebangsaan, BPIG Gandeng Universitas Mataram
BPIP mengundang sejumlah musisi untuk memainkan musik kebangsaan di Auditorium Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram, Kamis (1/12/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kolaborasi tak biasa dilakukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Universitas Mataram. BPIP mengundang sejumlah musisi untuk memainkan musik kebangsaan di Auditorium Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram, Kamis (1/12/2022). Lewat kegiatan itu, ingin membangkitkan semangat dan kecintaan terhadap nilai Pancasila lewat medium musik.

Pertunjukkan musik kebangsaan bersama artis pendukung album Nyanyian Rumah Indonesia Irang Arkad, Agus Hafi, Conrad GV Indra Sabil. Pertunjukkan ini bisa dilihat melalui YouTube BPIP RI.

Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo mengatakan, jika acara ini menanamkan nilai-nilai Pancasila dan menunjukkan cara mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang dipilih melalui pertunjukkan musik dengan lagu kebangsaan agar lebih mudah tersampaikan pesan kepada generasi muda.

"Anak-anak kan suka musik, jadi tidak lagi dalam bentuk seminar, tapi lagu kebangsaan," kata Bambang Hari Kusuma.

Membuka acara, Bambang Hari Kusuma ijuga kut menyanyikan lagu Gebyar-Gebyar ciptaan Gombloh. Ir. Prakoso, M.M. menyebutkan bahwa tujuan penanaman nilai-nilai Pancasila untuk mendorong generasi muda Indonesia yang berkompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Sehingga ketika bereaksi terhadap daya saing global selaras dengan karakter bangsa Indonesia.



Ir. Hj. Sari Yulianti, M.T. juga mengatakan, menanamkan nilai-nilai Pancasila dapat ditempuh melalui musik dan seni. Selanjutnya hal itu bukan termasuk baru karena dahulu pernah ada contoh bila Sunan di Indonesia menjadikan musik sebagai sarana komunikasi kepada umat dalam menanamkan nilai-nilai religius. Melihat itu, menanamkan nilai-nilai Pancasila tidak hanya melalui satu cara. Apa lagi sekarang sudah zaman canggih sehingga musik dapat menjadi pemersatu bangsa.

Plh. Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP Hotrun Siregar, S.Sos.,M.Si menyatakan, konsep sosialisasi nilai-nilai Pancasila lewat musik ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Artinya, menyesuaikan dengan kedekatan anak muda dengan teknologi. Disebutkan, menumbuhkan kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila tidak terkesan seperti doktrin.

"Sejak kecil kita sudah dibuai dengan nyanyian dan pesan-pesan kebijaksanaan. Generasi penerus masyarakat, ya, masyarakat akademik. Kecil, tapi menjadi agen perubahan," kata Hotrun.

Conrad GV mengatakan anak muda Indonesia sekarang tidak harus menjadi masyarakat Ibu Kota ketika menitipkan pesan kebangsaan melalui lagu. Akan tetapi, selama ada jaringan internet dapat menyalurkan pesan kebangsaan dalam lagu berdasar kearifan lokal masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)