Ide dan Ciri Dekorasi Pernikahan Adat Jawa, Unik Banget!

Rabu, 07 Desember 2022 - 18:37 WIB
loading...
Ide dan Ciri Dekorasi Pernikahan Adat Jawa, Unik Banget!
Dekorasi pernikahan adat Jawa memiliki banyak keunikan sendiri dibandingkan dengan dekorasi pernikahan di daerah lainnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Dekorasi pernikahan adat Jawa memiliki banyak keunikan sendiri dibandingkan dengan dekorasi pernikahan di daerah lainnya. Keunikan dekorasi Jawa terbentuk dari ciri khusus masing-masing ornamennya.

Tak jarang jika dekorasi jawa yang memiliki keunikan ini banyak dijadikan ide dalam konsep pernikahan. Dikutip dari laman weddingmarket.com, berikut 7 dekorasi pernikahan adat Jawa :

Baca juga : Mengintip Dekorasi Pernikahan Adik Jokowi yang Kental Nuansa Jawa

1. Gebyok

Ciri khas dekorasi pernikahan yang sering terlihat adalah gebyok atau gebyog. Gebyok atau gebyog merupakan dekorasi yang berbentuk seperti sekat kayu yang dipasang berjejer dan memanjang, seperti bagian dari rumah kudus.

Fungsi utama dari gebyok adalah dijadikan background untuk kedua mempelai atau pasangan pernikahan. Dengan adanya gebyok ini posisi duduk kedua pengantin akan menghadap kepada tamu undangan.

Ide gebyok ini tidak hanya dipakai oleh masyarakat Jawa tradisional, tetapi juga dipakai oleh pasangan pengantin kekinian yang dicampur dengan adat - adat modern.

2. Miniatur Joglo

Selain dari gebyok, ornamen pada bagian dekorasi yang berada di bagian depan adalah miniatur joglo. Miniatur joglo berbentuk seperti rumah adat dengan desain atap yang membentuk limas dengan tambahan topangan berjumlah empat pilar.

Fungsi dari miniatur ini adalah sebagai sekat antara mempelai dengan tamu undangan. Namun, tidak semua pernikahan adat Jawa menggunakan miniatur joglo, karena ornamen ini membutuhkan tempat yang luas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3501 seconds (11.97#12.26)