7 Penyebab Kesemutan yang Tak Boleh Diabaikan, Nomor 5 Harus Diwaspadai

Rabu, 07 Desember 2022 - 20:17 WIB
loading...
7 Penyebab Kesemutan yang Tak Boleh Diabaikan, Nomor 5 Harus Diwaspadai
Penyebab kesemutan sangat beragam. Kesemutan tangan, kaki atau keduanya adalah gejala umum dan mengganggu. Kesemutan seperti itu terkadang bisa sementara. Foto/Harvard Health
A A A
JAKARTA - Penyebab kesemutan sangat beragam. Kesemutan tangan, kaki atau keduanya adalah gejala yang sangat umum dan mengganggu. Kesemutan seperti itu terkadang bisa sementara.

Kesemutan bisa disebabkan dari tekanan pada saraf ketika tangan berada di bawah kepala saat tidur. Atau bisa juga dari tekanan pada saraf ketika Anda menyilangkan kaki terlalu lama.

Dalam kedua kasus, kesemutan segera hilang dengan menghilangkan tekanan yang menyebabkannya. Tetapi dalam banyak kasus, kesemutan di tangan, kaki, atau keduanya bisa parah, episodik, atau kronis.

Kondisi ini juga bisa datang dengan gejala lain, seperti rasa sakit, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Dalam seperti itu, kesemutan tanda kerusakan saraf, yang penyebabnya beragam. Berikut penyebab kesemutan yang tak boleh diabaikan dilansir dari Webmd, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: 10 Penyebab Bibir Terasa Kebas dan Kesemutan, Nomor 6 Harus Diwaspadai

1. Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf seperti itu dikenal sebagai neuropati perifer karena mempengaruhi saraf yang jauh dari otak dan sumsum tulang belakang, seringkali di tangan dan kaki. Seiring waktu, kondisinya dapat memburuk, membuat Anda tidak bisa beraktivitas.

2. Penyakit Sistemik

Penyakit sistemik termasuk gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah, penyakit darah, gangguan jaringan ikat, peradangan kronis, ketidak seimbangan hormon, kanker dan tumor jinak di saraf.

3. Diabetes
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2117 seconds (10.177#12.26)