7 Rangkaian Adat Jawa di Pernikahan Kaesang dan Erina

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:37 WIB
loading...
7 Rangkaian Adat Jawa di Pernikahan Kaesang dan Erina
Pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta . Dalam prosesi pernikahannya, Kaesang dan Erina sepakat untuk memiliki adat Jawa.

Adat jawa tersebut mulai digunakan pada waktu sebelum akad nikah dan juga setelah prosesi ijab kabulnya.

Untuk lebih lengkapnya tentang rangkaian adat Jawa apa saja yang masuk dalam proses pernikahan Kaesang Erina, simak ulasan lengkap berikut ini seperti dilansir dari laman beautynesia.id :

Baca juga : Keindahan Pura Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Kaesang dan Erina

1. Adat Pingitan

Rangkaian awal prosesi pernikahan Kaesang dan Erina diawali dengan melaksanakan adat jawa pingitan atau adat yang melarang kedua calon pasangan bertemu sebelum melakukan akad pernikahan.

Dalam adat ini kedua pasangan yakni Kaesang dan Erina tidak boleh bertemu secara langsung sebelum waktu ijab kabul tiba, yakni hari Sabtu 10 Desember 2022. Namun kedua mempelai boleh melakukan komunikasi menggunakan Ponsel.

2. Pemasangan Bleketepe

Bleketepe merupakan jenis anyaman dari daun poon kelapa yang masih berwarna hijau. Biasanya anyaman ini akan ditempel pada bagian sekeliling tempat yang akan dilaksanakan prosesi pernikahan.

Pemasangan bleketepe dalam pernikahan Kaesang dan Erina akan dilaksanakan pada Jumat pagi 9 Desember 2022 di kediaman rumah mempelai wanita yakni Erina Gudono.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2639 seconds (11.210#12.26)