6 Manfaat Beras Merah, Jaga Kekebalan Tubuh hingga Kesehatan Jantung

Jum'at, 10 Juli 2020 - 15:03 WIB
loading...
6 Manfaat Beras Merah, Jaga Kekebalan Tubuh hingga Kesehatan Jantung
Beras merah memiliki banyak manfaat kesehatan daripada beras putih. Adapun manfaatnya, mulai menjaga kekebalan tubuh hingga kesehatan jantung. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Varietas beras yang paling populer adalah beras merah dan beras putih. Namun, beras merah dikenal memiliki nilai gizi yang tinggi karena nasi merah adalah gandum utuh yang tidak dimurnikan dan tidak diasah sehingga nutrisinya tidak hilang.

Beras merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai menjaga kekebalan tubuh hingga kesehatan jantung. Seperti dilansir Boldsky, berikut manfaat kesehatan beras merah.

1. Membantu penurunan berat badan
Beras merah mengandung banyak serat sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena serat adalah penekan nafsu makan yang alami.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Beras merah kaya kandungan serat dan senyawa tanaman yang disebut lignan sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mengontrol diabetes
Beras merah memiliki kandungan indeks glikemik rendah (GI), yang dapat membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. (Baca juga: 5 Cemilan Sehat yang Baik Dikonsumsi Selama Pandemi ).

4. Mencegah penyakit kronis
Beras merah juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko sejumlah masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung koroner, kanker, penyakit menular, penyakit pernapasan dan diabetes.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menunjukkan bahwa lapisan dedak pada beras merah dapat meningkatkan pencernaan dan membantu pergerakan usus yang tepat.

6. Memperkuat kekebalan tubuh
Beras merah kaya akan vitamin esensial, mineral dan senyawa fenolik yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)