Prosesi Siraman Rampung, Keluarga Presiden Jokowi Berangkat ke Yogyakarta usai Salat Jumat

Jum'at, 09 Desember 2022 - 11:44 WIB
loading...
Prosesi Siraman Rampung, Keluarga Presiden Jokowi Berangkat ke Yogyakarta usai Salat Jumat
Putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep telah menyelesaikan prosesi adat siraman di Kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022). / Foto: R August
A A A
SOLO - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep telah menyelesaikan prosesi adat siraman di Kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

Proses siraman Kaesang ini dilakukan dengan 7 mata air yang berasal dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan Kediaman Solo.

Sejumlah tokoh yang menyirami Kaesang di antaranya Mahfud MD dan istri, Luhut Binsar Pandjaitan beserta Istri, Retno Lestari Priansari Marsudi beserta suami, Hadi Tjahjanto dan istri, Idong Setyo Husodo, Sp. An dan istri, Gibran Rakabuming Raka dan istri, serta Bobby Nasution dan istri. Tidak lupa juga Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana.

Baca juga: Presiden Jokowi Beri Pesan Mengharukan, Kaesang Pangarep Menangis

Sebelum siraman, dilakukan acara sungkeman diiringi rerepen dandhang gulo tlutur slendro miring. "Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan prosesi siraman sudah berjalan dengan baik lancar," ungkap Presiden Jokowi usai siraman.

Didampingi Iriana, Kaesang dan Bobby, Jokowi pun meminta doa kepada seluruh masyarakat agar prosesi lanjutan seperti midodareni, ijab kabul, dan tasyukuran berjalan lancar.

"Kami sekeluarga memohon dua restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midodareni besok ijab, tasyakuran di Pura Mangkunegaran bisa berjalan dengan baik," tuturnya.



Jokowi juga tak lupa mengucapkan permintaan maafnya apabila selama pelaksanaan prosesi pernikahan masyarakat merasa terganggu.

"Dan nanti sampai di tasyakuran apabila ada yang terganggu kegiatannya, mohon maaf yang sebesar besarnya. Utamanya pada masyarakat Yogyakarta dan Solo," ungkap Jokowi.

Keluarga Presiden Jokowi pun dijadwalkan akan bertolak ke Yogyakarta setelah melaksanakan ibadah salat Jumat.

Baca juga: Iriana Tak Mampu Bendung Air Mata saat Sungkeman, Jokowi Doakan Kaesang-Erina

"Nanti salat Jumat dulu kemudian langsung Yogyakarta untuk persiapan nanti malam," pungkas Presiden Jokowi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)