5 Cara Ampuh Atasi Stres, Healing dengan Diskon hingga Rp300.000 di Mister Aladin!

Jum'at, 09 Desember 2022 - 13:07 WIB
loading...
5 Cara Ampuh Atasi Stres, Healing dengan Diskon hingga Rp300.000 di Mister Aladin!
Healing adalah salah satu cara menyenangkan untuk menhilangkan stres. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Stres merupakan salah satu rangsangan respons tubuh terhadap sesuatu hal yang pemicunya bisa datang dari berbagai peristiwa, mulai dari permasalahan kecil sehari-hari maupun perubahan besar dalam hidup, seperti masalah rumah tangga, pekerjaan, dan banyak hal tak terduga lainnya.

Paparan dari stres yang cukup intens dan lama bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, atau masalah kesehatan fisik. Maka dari itu, dibutuhkan cara untuk mengatasi rasa stres yang dapat Anda praktikkan di kehidupan sehari-hari. Berikut di antaranya.

1. Kenali dan kurangi pemicu stres
Cara pertama untuk mengatasi stres adalah kenali dulu apa penyebab Anda mengalami stres. Kebanyakan orang merasakan terlalu banyak beban hidup, tetapi hanya memiliki waktu yang terbatas untuk menyelesaikannya. Sebagian besar, beban itu adalah apa yang Anda sendiri pilih.

Sebagai salah satu cara menghilangkan stres, cobalah meluangkan waktu dengan melatih keterampilan manajemen waktu, seperti meminta bantuan di saat yang tepat untuk meringankan beban, menyusun skala prioritas, mengatur kecepatan, dan menyisihkan waktu untuk merawat diri.



2. Melakukan kegiatan yang Anda suka
Salah satu cara mengatasi stres adalah melakukan kegiatan yang Anda suka. Kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan ini bisa membuat Anda lupa dan bahagia saat melakukannya. Jika mulai terasa membosankan, Anda bisa mencoba alternatif lain seperti meng-explore pengalaman baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

3. Olahraga rutin
Cobalah untuk tetap rutin menjalankan olahraga, seperti berjalan santai, joging atau berlari, bersepeda, dan lain-lain. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon pereda stres alami atau endorfin. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks, tenang, dan tidur pun lebih nyenyak. Hormon tersebut juga bisa membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga stres bisa lebih mudah diatasi.


4. Relaksasi
Saat dilanda stress, Anda bisa mencoba rileksasi seperti yoga, meditasi, ataupun pergi ke spa untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Meditasi dan yoga juga bisa membantu Anda lebih mudah untuk menenangkan pikiran dan fokus.

5. Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman
Terkadang, stres akan sulit untuk diatasi seorang diri. Anda bisa mencari support dari teman-teman atau keluarga. Menghabiskan waktu bersama orang yang Anda sayangi tentu akan membuat Anda merasa lebih tenang, nyaman, dan lebih mampu menghadapi stres.

Menghabiskan waktu (quality time) bareng keluarga atau teman bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah traveling atau untuk sekadar short-escape. Anda bisa mencoba merencanakan liburan ke tempat-tempat yang memiliki suasana lebih tenang sehingga dapat menjernihkan pikiran Anda. Supaya perencanaan liburan Anda bersama keluarga lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan promo yang tersedia di Mister Aladin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)