Optimistis Pariwisata RI Terus Menguat, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Kita Patut Bersyukur

Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:19 WIB
loading...
Optimistis Pariwisata RI Terus Menguat, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Kita Patut Bersyukur
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo optimistis pariwisata Indonesia terus menguat di tengah ketidakpastian menghadapi ancaman resesi global. Foto/Tangkapan layar zoom meeting
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo optimistis pariwisata Indonesia terus menguat di tengah ketidakpastian ancaman resesi global.

Data index pengembangan perjalanan dan pariwisata 2021 oleh World Economy Forum menjadi salah satu patokannya. Dari data tersebut, diketahui Indonesia naik peringkat dari 44 ke 32 melampaui Malaysia, Thailand, dan Vietnam untuk pertama kalinya.

Lalu, data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan bahwa jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) hingga Oktober 2022 telah mencapai rekor tertinggi sejak pandemi dengan angka di atas 670 ribu turis.

"Jadi, hari ini kita patut bersyukur, karena di tengah ketidakpastian global, tren pemulihan ekonomi Indonesia masih terus berlanjut," katanya di Webinar Biannual Tourism and Sustainable Tourism Development Forum secara daring, Jumat (9/12/2022).



"Bahkan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terus menunjukkan tren yang kembali menguat," tambahnya.

Meski begitu, dia meminta kepada semua pihak untuk tidak cepat puas, karena masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan bersama, terutama isu pariwisata berkelanjutan.

Itu kenapa, Wamenparekraf merilis STDev Circle dengan harapan dapat mendorong percepatan jejaring inovasi serta kolaborasi para pihak agar pembangunan kepariwisataan semakin berkualitas dan semakin berkelanjutan.

Selain itu, menghadirkan ruang diskusi seperti Biannual Tourism and Sustainable Tourism Development Forum diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mempersiapkan ancaman resesi global.

Terutama dalam menyiapkan strategi dan langkah pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan melalui upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, aspek pengelolaan, sosial-ekonomi, budaya, dan lingkungan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)