Ciptakan Pariwisata Berkelanjutan, Ini 3 Aksi Nyata Kemenparekraf

Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:35 WIB
loading...
Ciptakan Pariwisata Berkelanjutan, Ini 3 Aksi Nyata Kemenparekraf
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di acara Webinar Biannual Tourism and Sustainable Tourism Development Forum secara daring, Jumat (9/12/2022). Foto/Tangkapan layar Webinar Biannual Tourism and Sustainable Tourism Development Forum
A A A
JAKARTA - Untuk menjaga kelestarian Bumi di masa mendatang, Kemenparekraf terus menggalakkan pariwisata berkelanjutan. Dengan begitu, pariwisata bisa menjadi warisan yang terus ada dari generasi ke generasi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan beberapa upaya untuk mendorong terciptanya kepariwisataan dan berkelanjutan. Meski, masih tetap harus ada inovasi untuk memaksimalkan hasilnya, salah satunya dengan program Sustainable Tourism Development Circle (STDev Circle) yang merupakan hasil kolaborasi dengan Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC). .

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mencatat ada 3 aksi nyata yang secara konsisten terus dilakukan demi pariwisata berkelanjutan. Apa saja?



1. Konsisten implementasikan ESG di destinasi wisata

Implementasi ESG atau environmental, social, dan governance di destinasi wisata dilakukan secara konsisten hingga saat ini.
"Salah satu realisasinya melalui program carbon footprint calculator yang mana kami berkolaborasi dengan industri untuk melakukan penimbangan nilai emisi yang telah dihasilkan dengan menyerap jejak karbon untuk membantu mencegah dampak buruk terhadap iklim," kata Wamen Angela di Webinar Biannual Tourism and Sustainable Tourism Development Forum secara daring, Jumat (9/12/2022).

Dari upaya tersebut, sambung Wamen Angela, hari ini wisatawan memiliki opsi untuk bepergian dengan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

2. Aktif melakukan penanaman kembali terumbu karang hingga majukan pariwisata berbasis komunitas

Wamen Angela mengatakan, upaya lain yang telah Kemenparekraf lakukan untuk memberikan perhatian pada pariwisata berkelanjutan adalah bersama-sama dengan Sustainable Tourism Observatory dan Monitoring Sustainable Observatory, pun dengan berbagai stakeholder lainnya melakukan penanaman kembali terumbu karang, pengelolaan sampah di destinasi wisata, pariwisata berbasis komunitas seperti desa wisata, serta standarisasi pariwisata yang berkelanjutan.



3. Mendukung peningkatan impact investment di sektor ekonomi kreatif

Hal ketiga yang dilakukan Kemenparekraf demi menciptakan pariwisata berkelanjutan di sektor ekonomi kreatif adalah secara konsisten mendukung peningkatan 'impact investment' dari sisi pelaku usaha ekonomi kreatif maupun dari sisi awareness masyarakat.

"Dari itu semua, ketika kita bicara keberlanjutan, kita bicara masa depan dan kami yakin kita semua ingin mewujudkan pariwisata yang 'resilience' dan bisa diwariskan manfaatnya dari generasi ke generasi," tambah Wamen Angela Tanoesoedibjo.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)