Motif Batik yang Dikenakan Kasang Pangarep saat Siraman Ternyata Memiliki Makna Mendalam

Sabtu, 10 Desember 2022 - 08:40 WIB
loading...
Motif Batik yang Dikenakan Kasang Pangarep saat Siraman Ternyata Memiliki Makna Mendalam
Terdapat satu hal yang menarik dari prosesi siraman Kaesang Pangarep, yakni pemilihan kain batik untuk Kaesang. / Foto: Twitter @jokowi
A A A
JAKARTA - Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono , prosesi siraman Kaesang telah dilakukan di kediamannya di Sumber, Solo, Jumat pagi, 9 Desember 2022.

Seluruh prosesi tersebut berlangsung dengan lancar. Sebagai orang tua, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana turut menyiram anak bungsunya tersebut.

Namun, ada yang menarik dari prosesi siraman Kaesang ini, yaitu pemilihan kain batik untuk Kaesang. Tim adat Jawa untuk keluarga Jokowi memilihkan kain batik bermotif Kembang Kantil dengan dasar krem terang.

Baca juga: Gibran Rakabuming Wakili Keluarga Besar di Malam Midodareni Kaesang-Erina: Mohon Dibimbing Adik Saya

Motif Kembang Kantil pada kain batik Kaesang ternyata punya doa dan makna mendalam. Ya, terselip doa di balik motif batik tersebut.

"Kaesang saat siraman mengenakan kain batik bermotif Kembang Kantil (cempaka) yang mengandung doa agar 'kumanthil-manthil' atau lengket," ungkap Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami, Agnes Dwina Herdiasti pada Sabtu (10/12/2022).

"Maksudnya, didoakan agar Kaesang dan Erina langgeng kehidupan rumah tangganya," lanjutnya.

Sementara itu, Agnes menjelaskan kalau Jokowi dan Iriana mengenakan kain batik bermotif Kawung Cacah Gori.

Lalu, keluarga inti termasuk di dalamnya Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda beserta anak, dan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution beserta anak, mengenakan motif Udan Liris atau disebut juga Rujak Senthe.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3949 seconds (0.1#10.140)