AirAsia Resmi Luncurkan Maskapai Bertarif Rendah di Kamboja

Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:39 WIB
loading...
AirAsia Resmi Luncurkan Maskapai Bertarif Rendah di Kamboja
AirAsia resmi meluncurkan maskapai bertarif rendah di Kamboja. Peluncuran ini ditandai dengan penandatangan perjanjian usaha patungan yang dilakukan oleh AAAGL. Foto/dok AirAsia
A A A
JAKARTA - AirAsia resmi meluncurkan maskapai bertarif rendah di Kamboja . Peluncuran ini ditandai dengan penandatangan perjanjian usaha patungan yang dilakukan oleh AirAsia Aviation Group Limited (AAAGL), cabang usaha penerbangan dari Capital A Berhad dengan Sivilai Asia di Rosewood Phnom Penh, Kamboja pada Jumat, 9 Desember 2022.

Penandatangan ini dilakukan oleh CEO Capital A Tony Fernandes dan Direktur Sivilai Asia Vissoth Nam. Tony mengatakan dengan diluncurkannya AirAsia Kamboja akan memperkuat maskapai bertarif rendah ini sebagai penggerak orang dan kargo nomor satu di Kamboja dan Indocina.

“Kamboja adalah negara Asean kelima di mana kami melanjutkan langkah kami untuk menjadi penggerak orang dan kargo nomor satu di kawasan ini, dan memberikan kunci utama pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara Asean,” kata Tony di Rosewood Phnom Penh, Kamboja pada Jumat, 9 Desember 2022.

“Nilai jaringan AirAsia merupakan aset yang tidak dapat diatasi. Itu akan menjadi bendera konektivitas ekstensif lainnya di Kamboja dan ke wilayah tersebut, yaitu China, India, dan Asia Utara,” sambungnya.



AirAsia Resmi Luncurkan Maskapai Bertarif Rendah di Kamboja

Foto/Diana Rafikasari

Sebagai negara kelima di Asean, AirAsia Kamboja akan bergabung dengan AirAsia Malaysia, Indonesia AirAsia, Thai AirAsia, dan Philippines AirAsia. Sementara itu, Vissoth menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, peningkatan konektivitas dengan tarif terbaik akan menghadirkan pilihan maskapi dan tujuan yang bisa memicu perjalanan udara di kalangan masyarakat meningkat.

“Sebagai salah satu negara pertama yang membuka perjalanan internasional tanpa karantina pada November 2021, Kamboja telah memimpin dalam perjalanan pemulihan perjalanan udara Asean pasca-Covid, dengan negara-negara lainnya di daerah mengikuti,” jelas Vissoth.

“Hari ini, kami bangga menjadi katalis bagi maskapai penerbangan bertarif rendah baru yang beroperasi dari Kamboja,” lanjutnya.

Di sisi lain, diluncurkannya AirAsia Kamboja juga dapat mempromosikan pariwisata di negara ini. “Ini tidak dapat dicapai tanpa dukungan dari pemerintah daerah dan mitra pariwisata kami di Kamboja, banyak otoritas terkait lainnya, dan AAAGL,” tutup Vissoth.



Beroperasi mulai 3 Januari 2023, AirAsia Kamboja akan mengoperasikan lima rute penerbangan ke Kamboja dari Kuala Lumpur ke Siem Reap dan Phnom Penh, dari Penang ke Phnom Penh serta dari Bangkok (Don Mueang) ke Siem Reap dan Phnom Penh.

Penandatanganan perjanjian usaha patungan ini juga disaksikan dan dipimpin oleh Menteri Penanggung Jawab Penerbangan Sipil Sekretariat Negara Yang Mulia Dr. Mao Havannal, CEO Grup AAAGL Bo Lingam, CEO AirAsia Consulting Subashini Silvadas, serta beberapa mitra utama pemerintahdanindustri.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)