Mengenal Upacara Injak Telur, Prosesi Adat yang Dilakukan Kaesang dan Erina di Pernikahan

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:28 WIB
loading...
Mengenal Upacara Injak Telur, Prosesi Adat yang Dilakukan Kaesang dan Erina di Pernikahan
Injak telur menjadi salah satu prosesi adat yang dilakukan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di pernikahan. Pasangan ini akan akad nikah Sabtu (10/12/2022). Foto/Instagram Kaesang Pangarep
A A A
JAKARTA - Injak telur menjadi salah satu prosesi adat yang dilakukan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di hari pernikahan mereka. Pasangan ini akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Jogjakarta, Sabtu (10/12/2022).

Sebelum akad nikah yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB, Kaesang dan Erina melakukan beberapa prosesi adat seperti injak telur. Hal ini dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Upacara injak atau injak telur atau disebut juga ngidak tigan memang selalu ada dalam setiap runtutan pernikahan adat Jawa. Umumnya, tradisi ini berlangsung setelah akad nikah dengan kedua mempelai dipertemukan dan melakukan upacara ini, yang mana wajib pula disaksikan oleh keluarga kedua belah pihak.

Setiap detail pada tradisi ini pun memiliki makna tersendiri. Telur sendiri memiliki sarat makna yaitu melambangkan keturun, simbol keluarga yang harus dijaga dan tertutup rapat, juga kesucian seorang wanita.



Menginjak telur pun dilakukan tanpa alas kaki oleh mempelai pria hingga pecah, bermakna sang suami yang akan memberi nafkah bagi keluarganya dengan penuh tanggung jawab tanpa meminta bantuan orang lain.

Jelang pernikahan, perlengkapan seperti nampan bertabur irisan daun pandan, bunga melati, kelopak mawar dan kenanga, air bunga setaman, handuk kecil, serta telur ayam kampung mentah telah dipersiapkan untuk ritual ngidak tigan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/12/2022) pertama-tama dalam upacara ini telur ayam kampung dipecahkan dengan cara diinjak oleh mempelai pria di atas nampan yang telah ditaburi campuran irisan pandan dan bunga melati.

Prosesi injak telur akan ditutup dengan mempelai perempuan yang membersihkan sisa pecahan telur yang sudah diinjak sang suami, memiliki maksud seorang perempuan harus mengabdi dengan tulus ikhlas kepada suaminya dan merawat keturunannya.



Wujud bakti mempelai wanita terlihat ketika kaki mempelai pria dibasuh lembut dan dikeringkan dengan handuk kecil. Menyatukan kedua telapak tangannya, mempelai wanita menghaturkan sembahnya kepada mempelai pria, lalu mempelai pria menyambut dengan mengulurkan tangan guna menolong pasangannya berdiri.

Berharap mendapat ketenangan serta kesabaran dalam menghadapi biduk rumah tangga, kedua orang tua mempelai wanita membasuh tengkuk pasangan mempelai dengan air suci. Usai hal tersebut, kedua mempelai yang telah berdiri berdampingan kembali berjalan menuju singasana pelaminan.

Setelah menggelar akad nikah hari ini, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan resepsi pernikahan pada Minggu (11/12/2022) di Pendopo Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)