Gelar Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Jokowi Ingatkan Pentingnya Lestarikan Budaya

Minggu, 11 Desember 2022 - 08:30 WIB
loading...
Gelar Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Jokowi Ingatkan Pentingnya Lestarikan Budaya
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini menjalani upacara adat Ngunduh Mantu di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Foto/Tangkapan Layar YouTube Presiden Joko Widodo
A A A
SOLO - Setelah resmi menikah pada Sabtu (10/12/2022), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini, Minggu 11 Desember 2022, menjalani upacara adat Ngunduh Mantu di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Menelisik live streaming YouTube Presiden Joko Widodo , warga Solo ikut memadati sekitaran rumah dinas untuk menyaksikan prosesi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. Lalu akan dilanjutkan dengan kirab menggunakan Kereta Kencana dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi dan istri, Iriana, beserta keluarga tampak mengenakan beskap dan kebaya biru dongker.



Sementara itu, sesaat sebelum acara dimulai, dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan soal pentingnya melestarikan sebuah budaya.

"Memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita, oleh sebab itu mengenalkan budaya kita adalah wajib, mencintai adalah sebuah kewajiban kita bersama," kata Joko Widodo sesaat sebelum Ngunduh Mantu dimulai.

Dengan begitu, identitas budaya Indonesia dipastikan akan terus dikenal dan tak terlupakan.

"Kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas muncul kembali dan karakter kita karakter budaya kita juga semakin kita mencintai," tambah Jokowi.

Hal itu selaras dengan pernikahan anak bungsunya yang begitu kental dengan nuansa adat Jawa.

Berdasarkan informasi, terdapat 10 Kereta Kencana yang bakal digunakan dalam kirab pernikahan Kaesang-Erina. Nantinya Kaesang dan Erina akan berada di Kereta 1, sementara Kereta 2-Kereta 8 diisi oleh saudara dari pengantin putra dan pengantin putri. Lalu kereta 9 diisi oleh besan dan Kereta 10 diisi oleh Presiden Jokowi beserta istri, Iriana.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)