Makna Unjukan Tirto Wening di Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Minggu, 11 Desember 2022 - 09:43 WIB
loading...
Makna Unjukan Tirto Wening di Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Kaesang dan Erina meminum air putih dengan cara diminumkan oleh orang tua pengantin pria. Foto/Tangkapan Layar YouTube Presiden Joko Widodo
A A A
SOLO - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, pagi ini, Minggu 11 Desember 2022.

Dalam prosesi tersebut, Kaesang dan Erina mengenakan busana pengantin khas Solo, Jawa Tengah. Busana yang mereka pakai merupakan busana Solo Basahan.

Selama prosesi senyum lebar kerap menghiasi wajah pengantin baru itu. Sebelum duduk di kursi pelaminan, ibunda Kaesang, Iriana, menepuk-nepuk Kaesang dan Erina terlebih dulu dengan menggunakan sebuah daun. Maknanya yaitu dipercaya bisa menolak bala.



Setelah ditepuk-tepuk, Kaesang dan Erina kemudian meminum air putih dengan cara diminumkan oleh orang tua pengantin pria. Prosesi ini disebut Unjukan Tirto Wening, yang memiliki makna sebuah pengharapan agar rumah tangga senantiasa diberikan ketenangan dalam bertukar pikiran serta memutuskan sesuatu.

Setelah itu mereka diantar oleh orang tua pengantin pria menuju kursi pelaminan.

Usai ngunduh mantu, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono diarak naik kereta kencana dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)