Sandiaga Uno: Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2022 Lampaui Target

Kamis, 15 Desember 2022 - 18:08 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2022 Lampaui Target
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Rakornas Parekraf hari ini (15/12/2022) menyebut, target 3,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini sudah terlampaui sejak Oktober 2022. Foto/MPI/Syifa Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, target 3,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini sudah terlampaui sejak Oktober 2022.

Diketahui, pariwisata salah satu sektor yang mendorong perekonomian negara. Tak heran bila pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terus mempromosikan berbagai destinasi wisata di Indonesia.



Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) 2022, Sandiaga Uno menyebut bahwa di tahun ini, target 3,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara sudah terlampaui pada Oktober 2022.

“Alhamdulillah sudah tembus 3,6 juta kunjungan wisman. Mereka masuk dari Bandara Ngurah Rai sebanyak 38,0 persen, Bandara Soekarno Hatta sebanyak 17,8 persen, dan ada juga yang dari Batam sebanyak 8,6 persen,” tutur Sandiaga dalam pemaparan di Rakornas Parekraf 2022, Kamis (15/12/2022).

Dari data tersebut terlihat Australia masih menduduki posisi pertama dengan jumlah wisatawan terbanyak yang datang ke Indonesia. Kemudian dilanjutkan Malaysia, Timor Leste, India, Inggris, dan Amerika Serikat.



“India dan Timor Leste itu pasar baru kita. Kita butuhkan suatu terborosan yang bisa membuat semangat, yang tadinya nggak punya anggaran tapi bisa ningkatin performance kalau kita terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaboras,” tutur Sandiaga.

Melihat tingginya tingkat kunjungan wisatawan mancanegara, Sandiaga targetkan tahun depan harus lebih meningkat.

“Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan co-branding. Kita ingin menawarkan brand yang sudah dikenal di seluruh dunia, yaitu Wonderful Indonesia untuk mendorong promosi kunjungan wisatawan dengan target 7,4 juta bisa dilampaui,” pungkas Menparekraf.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)