Kajian Perundungan Online oleh ChildFund International Temukan 6 dari 10 Remaja Indonesia Alami Cyberbullying

Kamis, 15 Desember 2022 - 23:23 WIB
loading...
Kajian Perundungan Online oleh ChildFund International Temukan 6 dari 10 Remaja Indonesia Alami Cyberbullying
ChildFund meluncurkan hasil kajian berjudul Memahami Perundungan Online dan Eksploitasi Seksual dan Kekerasan Online terhadap Anak dan Orang Muda di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6 dari 10 remaja di Indonesia mengalami perundungan online (cyberbullying).

Hal itu disampaikan Hanneke Oudkerk, Country Director ChildFund International di Indonesia, dalam acara peluncuran hasil kajian tentang perundungan online serta inisiatif program Swipe Safe di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

"Meningkatnya penggunaan internet dan berbagai adaptasi kegiatan remaja dari luring ke daring turut meningkatkan kerentanan anak dan orang muda terhadap perundungan online," kata Hanneke.

Perlindungan anak dari berbagai risiko kekerasan berbasis online memerlukan intervensi yang menyeluruh, mulai penguatan resiliensi anak itu sendiri, pengawasan orang tua dan keluarga serta lingkungan sekitar anak sampai pada pengaturan informasi layak anak dari berbagai pemangku kepentingan. Upaya tersebut tentu memerlukan peran dari berbagai pihak sebagai mitra pembangunan pemerintah Indonesia.

Guna mendukung upaya pemerintah, ChildFund meluncurkan hasil kajian berjudul "Memahami Perundungan Online dan Eksploitasi Seksual dan Kekerasan Online terhadap Anak dan Orang Muda di Indonesia". Penelitian ini mendapat dukungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPPA).

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Nahar mengatakan, sinergi berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam memastikan perlindungan anak dan remaja di dunia maya.

“Di tengah gempuran adopsi perilaku digital sebagai salah satu dampak pandemi, anak-anak dan remaja menjadi pihak yang rentan mengalami kekerasan, perundungan, dan eksploitasi seksual secara online. Oleh karena itu, sinergi lintas sektoral dan multidimensi dari orang tua, lingkungan sekitar, pendidik, pemerintah hingga sektor privat menjadi hal yang krusial demi terwujudnya dunia maya yang aman bagi anak Indonesia,” papar Nahar.

Pada kesempatan yang sama, Direktur KPAPO Woro Srihastuti Sulistyaningrum mengatakan, upaya menurunkan angka perundungan dan kekerasan online tak terlepas dari penggalakan literasi digital.

“Upaya mendasar yang bisa dilakukan adalah memberikan pemahaman, pengetahuan dan edukasi yang menyeluruh guna meningkatkan literasi digital masyarakat. Edukasi yang diberikan tak hanya sebatas pada definisi maupun faktor-faktor yang berkontribusi pada perundungan, namun apa yang bisa dilakukan oleh anak-anak dan remaja ketika mereka mengalami hal tersebut,” jelas Woro.

Terkait studi yang dilakukan Childfund, Spesialis Perlindungan Anak dan Advokasi Childfund International di Indonesia Reny Haning mengatakan, penelitian telah melibatkan 1.610 responden dari kalangan pelajar dan mahasiswa usia 13-24 tahun. Mereka berasal dari empat provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)